PENDAFTARAN BPJS MANDIRI DI DS. BOJONG SEMPU KEC. PARUNG

INDONEWS BOGOR – Selasa pagi (5/12/2017) halaman kantor Desa Bojong Sempu Kecamatan Parung tampak dipenuhi oleh para warga setempat sambil membawa fotokopi Kartu Keluarga dan fotokopi eKtp.
Ketika Indonews melangkah memasuki aula yang berada di belakang kantor desa, suasana semakin ramai dan puluhan warga mengisi formulir yang disediakan 2 petugas mewakili BPJS Kabupaten Bogor.
Mendampingi petugas tampak Kepala Desa Pitung Abdurahman S.Sy, Sekdes Rohman S, Kasi Kesra Eko Nafsuroh, Bendahara Sapuani Erband (Wawan), yang juga sibuk membantu warga yang tidak mengerti cara mengisi formulir pendaftaran peserta BPJS Mandiri.
Pada kesempatan yang ada, Kades Pitung menginginkan agar seluruh warganya masuk menjadi peserta BPJS Mandiri sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Menurutnya, kesehatan adalah sangat penting dibanding yang lainnya.
Petugas BPJS Kabupaten Bogor menjelaskan kepada warga Desa Bojong Sempu yang hadir: “Perlu diketahui bahwa jenis kepesertaan bpjs dibagi menjadi 3 kategori, yakni sebagai berikut:
1. BPJS Mandiri, dikenal juga dengan peserta BPJS Individu atau keluarga, bpjs jenis ini diperuntukan khusus untuk masyarakat golongan bukan pekerja (BP) dan pekerja bukan penerima upah (PBPU).
2. BPJS PPU (Pekerja Penerima Upah), bpjs ini diperuntukan untuk pekerja atau pegawai atau karyawan baik karyawan pemerintah (PNS dan TNI/Polri) maupun karyawan swasta. Berdasarkan undang-undang bpjs bahwa setiap perusahaan wajib mendaftarkan setiap karyawannya menjadi peserta bpjs, sehingga jika anda adalah seorang karyawan maka anda diprioritaskan untuk menjadi peserta bpjs ppu yang iuran bulanannya dibayar oleh perusahaan dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh bpjs.
3. BPJS PBI (Penerima bantuan iuran), adalah pemegang kartu KIS, KJS, jamkesmas dan jamkesda namun secara bertahap semuanya akan memiliki kartu KIS, bpjs jenis ini diperuntukan bagi fakir miskin dan warga tidak mampu, iuran bulanan untuk peserta bpjs pbi ini dibayarkan oleh pemerintah, namun peserta hanya berhak atas kelas 3 bpjs dan hanya dapat mendapatkan pelayanan fasilitas kesehatan tingkat pertama di puskesmas kelurahan atau desa sesuai dengan domisili peserta.” (Agustion)
Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook