Pembuatan Bpjs Di Desa Iwul Kecamatan Parung

INDONEWS BOGOR – Setiap warga negara Indonesia dan warga asing yang sudah bekerja di Indonesia selama minimal 6 (enam) bulan wajib menjadi anggota BPJS. Ini sesuai pasal 14 UU BPJS. Setiap perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya sebagai anggota BPJS. Sedangkan orang atau keluarga yang tidak bekerja pada perusahaan wajib mendaftarkan diri dan anggota keluarganya pada BPJS.
Setiap peserta BPJS akan ditarik iuran yang besarnya ditentukan kemudian. Sedangkan bagi warga miskin, iuran BPJS ditanggung pemerintah melalui Program Bantuan Iuran.
Menjadi peserta BPJS tidak hanya wajib bagi pekerja di sektor formal, namun juga pekerja informal.
Berdasarkan kenyataan bahwa kesehatan itu sangat penting, maka pada hari Senin (4/12/2017) dilaksanakan pendaftaran pembuatan BPJS di aula kantor Desa Iwul Kec. Parung.
Sejak pagi Kepala Desa Iwul Nasim Setiawan SE, Sekretaris Desa Endi S.Pd yang juga sebagai pembawa acara, staff Nesin N, M. Sunandar, Mintra, Nasin Saputra, Icin Sanan, Apriansyah, dan Tri Astuti sibuk menerima kehadiran ratusan warganya untuk membuat BPJS yang sama sekali tidak dipungut biaya tersebut. Sedangkan perwakilan dari BPJS Kab. Bogor telah hadir 4 petugasnya sejak pagi.
Dalam kata sambutannya, Nasim Setiawan SE memberikan nasehat kepada warganya yang hadir: “Dengan mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS mandiri, warga desa dapat memilih pengobatan di kelas 1, kelas 2 atau kelas 3. Sesuai dengan kemampuan masing-masing warga. Harus diingat oleh seluruh warga desa bahwa sehat itu sangat penting, dan bilamana jatih sakit harus sesegera mungkin mendapat pengobatan di rumah sakit.”
Agung yang mewakili BPJS menjelaskan kepada seluruh warga yang hadir: “Warga Desa Iwul harus berterimakasih kepada Kepala Desa Nasim Setiawan SE yang peduli dengan kesehatan warganya, sehingga memberi kesempatan bagi BPJS Kabupaten untuk turun ke desa. Karena beliau mengetahui masih banyak warganya yang belum menjadi peserta BPJS. Seperti diketahui BPJS Mandiri ini dikenakan iuran bulanan tiap kelas berbeda-beda. Iuran Kelas 1 Rp. 80.000,-/bulan, Kelas 2 Rp. 51.000,-/bulan, dan Kelas 3 Rp. 25.500,-/bulan. Sementara itu ada beberapa macam kepesertaan BPJS, diantaranya Penerima Bantuan Iuran, Penerima Upah, Bukan Penerima Upah. Bagi warga uang sudah mengisi formulir, dan berkas persyaratan akan di chek. Proses 7 hari akan dapat informasi nomor pembayaran melalui sms, warga agar membayar iuran setiap tanggal jatuh tempo, bisa dibayar melalui toko-toko swalayan terdekat. Kartu akan dikirim via pos setelah pembayaran pertama.”

(Agustion)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook