Desa Citereup 100 persen Dana Desa Ke Infrastruktur

INDONEWS BOGOR – Desa Citereup Kecamatan Citereup Kabupaten Bogor 100 persen jumlah dana desa yang diterima Rp 860.000.000 menyasar pembangunan infrastruktur. “Pemanfaatan dana desa kita tahun 2017 ini lebih diutamakan untuk infrastruktur mencapai 100 persen seperti untuk pembangunan jalan-jalan di RW yang ada di desa kami ini, hal ini kami sesuaikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa Citereup,” kata Sekdes Citereup, Evi Rahayu di Ruang kerjanya.

Ia menjelaskan, realisasi pemanfaatan dana desa untuk sektor pembangunan Infrastruktur di desa Citereup pada 2017 yang mencapai 100 persen. UntukTahun 2018 Selain dominan untuk infrastruktur, lanjutnya, dana desa akan dimanfaatkan pula untuk pemberdayaan masyarakat, pembinaan kemasyarakatan dan pembentukan BUMDES.
Menurutnya, pemanfaatan dana desa tersebut sepenuhnya menjadi kewenangan desa yang disepakati bersama melalui musyawarah desa. “Sehingga kalau masih dominan untuk infrastruktur karena memang sektor itu yang selama ini dianggap masih kurang dan dibutuhkan masyarakat kita di desa kami ini,” katanya.
Evi mengakui, pemanfaatan dana desa pada sektor usaha produktif (BUMDES) memang belum kami lakukan karena kami harus mempelajari dulu sisi bisnis nya agar ke depan Bumdes tersebut tidak merugi atau hanya plang nama tidak ada kegiatan, namun ia berharap sektor tersebut bisa segrs kami bentuk per tahun anggaran 2018 ini, dan Bumdes tersebut akan bisa berkembang seiring ketersediaan infrastruktur di desa yang semakin memadai dari waktu ke waktu. “Setelah semua infrastruktur desa memadai, kita berharap pengembangan sektor usaha produktif masyarakat akan kami prioritaskan mendapat porsi yang banyak nantinya dalam pemanfaatan dana desa tersebut,” katanya.
Menurutnya, dalam pemanfaatan dana desa tersebut kami menentukannya atas dasar skala prioritas pembangunan sehingga betul-betul menjawab kebutuhan masyarakat. “Kebijakan dari pusat juga meinginginkan agar desa menentukan skala prioritas dengan tepat sehingga kami tidak asal-asal saja membangun tapi diutamakan pada kebutuhan yang lebih mendesak untuk kepentingan masyarakat,” katanya.

(Eko Yulianto)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook