DISDUKCAPIL BERSAMA SPRI SOSIALISASI “ONE DAY SERVICE” ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Indonews Bogor – Kamis, 28 Deseber 2017, warga desa Cibatok Satu ramai berbondong-bondong datang ke lapangan Ruko Hafiez untuk menghadiri kegiatan Sosialisasi program “One Day Service” administrasi kependudukan khususnya pembuatan Akte Kelahiran sehari jadi. Kegiatan ini di gagas oleh Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI) Dewan Pimpinan Kabupaten Bogor yang dirangkaikan dengan kegiatan Deklarasi Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) SPRI Kecamatan Cibungbulang.
Acara sosialisasi “one day service”administrasi kependudukan merupakan salah satu bentuk kontribusi positive SPRIdalam menjembatani program pemerintah Kabupaten Bogor khususnya Disdukcapil. SPRI merupakan organisasi non pemerintah yang bergerak dibidangpermasalahan sosial masyarakat. Sebagai organisasi yang sudah berdiri sejak tahun 2004, SPRI banyak melakukan aksi – aksi membantu masyarakat kalangan bawah dalam menuntut hak-hak dasarnya sebagai warga negara.
“One Day Service” adalah program pemerintah Kabupaten Bogor khususnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dalam proses percepatan pengurusan administrasi kependudukan khususnya Akte Kelahiran. Disdukcapil mengakui akan adanya beberapa permasalahan terutama dalam proses pencetakan Akte Kelahiran yang pada saat ini baru bisa mencetak 350 s/d 400 Akte perhari, sehingga banyak warga yang sampai harus menunggu dari jam 3 pagi sampai sore dalam proses pencetakanannya karena saking banyaknyanomor antrian. Namun demikian Disdukcapil selalu berupaya memberikan pelayanan yang terbaik untuk seluruh warga Kabupaten Bogor, yang salah satunya melalui program “One day Service”, demikian seperti yang disampaikan oleh Ibu Awit, salah seorang perwakilan staf Disdukcapil yang mengisi acara sosialisai tersebut.
Dalam acara Sosialaisasi tersebut di hadiri oleh banyak elemen masyarakat, para tokoh dan terutama kaum ibu yang banyak memang menganggap bahwa sangat
penting untuk tahu bangaiman proses pembuatan Akte Kelahiran yang benar.
Banyak warga merasa puas dan senang atas kegiatan tersebut; “Sekarang saya tahu
bagaimana caranya membuat akte kelahiran,dan saya perlu tahu karena anak saya belum punya akte, sedangkan syarat daftar sekolah sekarang harus pakai Akte kan” demikian salah seorang warga yang berna Ibu Eneng Kins mengatakan di sela-sela acara istirahata sambil santap tumpeng yang dibuat oleh warga dan dinikmati oleh warga yang hadir juga.
Konsep acara dibuat dengan sangat sederhana dan merakyat, hal ini terlihat dari
jamuan konsumsi yang disediakan untuk para tamu dan warga dibuat dan disediakan
oleh warga dan dimakan sendiri oleh warga yang hadir juga, dengan menu kerkayatan
seperti Nasi Tumpeng yang di hiasi goreng tempe tahu telor ikan asin dan lalapan serta ada juga jagung rebus dan ubi rebus.
Konsep kerakyatan ternyata tidak mengurangi kemegahan dan kemeriahan
acara, karena antusias warga yang menyadari akan pentingnya Akte
Kelahiran. Saudara Dentiara perwakilan SPRI Kabupaten Bogor mengatakan
“Kami akan melakukan kegiatan ini diseluruh wilayah Kabupaten Bogor,
namun sekarang kami akan banyak melakukan kegiatan one day service
bersama Disdukcapil di desa di seluruh wilayah Kecamatan Cibungbulang”.

Ketua DPK SPRI Bogor, Kemas Firman H.yang didampimgi Sekjen nya Dentiara D.S.menyampaikan, Selain daripada agenda kerja kami SPRI kabupaten bogor . Membangun SPRI  tiap tiap kecamatan yg ada di kabupaten bogor. Ini bertujuan tak lain dan tak bukan . Hanya untuk membangun bersama sama tingkat kesadaran masyarakat akan haknya sebagai warga masyarakat indonesia, seperti hak dasar atas hidup layak, hak atas dasar admistrasi kependudukan, hak atas dasar kesehatan, dan hak dasar atas pendidikan.

Dan tidak menutup kemungkinan hak hak dia atas tersebut masih banyak warga masyarakat yang belum mendapatkannya. Dengan demikian adanya SPRI DPAC CIBUNGBULANG bisa menjadi wadah untuk bersilaturahmi, berkomunikasi,diskusi, dan berjuang bagai manacaranya warga masyarakat bisa mendapatkan haknya, pungkasnya. (Eko Yulianto)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook