Segera Terbit Majalah Potret Desa: Upaya Memantau Dana Desa

DESA, sebuah tempat/lingkungan yang seringkali dianggap oleh orang kota sebagai tempat yang nyaman, hijau asri, alami ramah serta indah. Meskipun terkadang banyak menyimpan potret kemiskinan serta kualitas sdm yang jauh dari kata layak dikarenakan rendahnya kualitas pendidikan didalam perdesaan kususnya perdesaan yang belum terjamah pembangunan. Hal ini jugalah yang mendorong pemerintah pusat secara bertahap untuk menjalankan amanat yang tertera di dalam undang undang desa.
Infrastruktur dasar yang dimaksud ialah pembangunan jalan, jembatan, dan penyediaaan mandi cuci kakus (MCK) yang memadai kerap menjadi sebuah kendala bagi kemajuan dan kesejahteraan desa. Karena keberadaan menjadi hal yang amat sangat penting manakala jalan menjadi prasyaratan pokok/utama yang dibutuhkan untuk menyalurkan hasil bumi ke luar desa dan sebaliknya menyalurkan barang dan jasa bagi kebutuhan warga desa sehingga dapat tercapainya kesejahteraan masyarakat desa.
Sering kali terjadi hasil bumi yang dihasilkan desa menjadi tak ada nilainya manakala terhambatnya pemasaran hasil bumi keluar desa dikarenakan terkendala oleh kondisi jalanan yang buruk. Problem yang lain ialah akses jalan yang sulit untuk ke pusat pemerintahan kecamatan yang dibutuhkan waktu berjam-jam agar dapat kesana.
Pembangunan Perdesaan Sesuai amanat UU No. 6 Tahun 2014, memang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa. Caranya adalah dengan mendorong pembangunan desa-desa mandiri dan berkelanjutan yang memiliki ketahanan sosial, ekonomi, dan lingkungan. Upaya mengurangi kesenjangan antara desa dan kota dilakukan dengan mempercepat pembangunan desa-desa mandiri serta membangun keterkaitan ekonomi lokal antara desa dan kota melalui pembangunan kawasan perdesaan.
Pembangunan desa harus menjadi prioritas dalam pembangunan nasional karena sangat terkait dengan upaya membangun Indonesia dari pinggiran dengan cara memperkuat daerah-daerah.
Salah satu upaya untuk mewujudkan ketidakadilan Kota dan Desa ini adalah diterbitkannya majalah Potret Desa untuk menjembatani/menyampaikan aspirasi seputar Desa. Karena di dalam beritanya mengakomodir permasalahan-permasalahan di atas tadi. Seperti rubrik-rubrik Desa Terkini, Program Desa, Dari Desa ke Desa, Ekonomis Desa, dll.
Kiranya sudah jelas, semoga dengan terbitnya Majalah Potret Desa sebagai anak kandung dari Koran Mingguan Indonews yang sudah terbit 1 tahun itu, benar-benar terwujud secara utuh persoalan desa dan bertahap ini akan mewujudkan cita cita pembangunan nasional yang sangat dirindukan oleh seluruh bangsa indonesia sehingga tidak ada lagi kecemburuan sosial antara desa dengan kota yang dirasa tidak merata tersebut. Semoga.

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook