Pembuatan akte kelahiran secara online, terkesan dipaksakan

INDONEWS BOGORDisdukcapil Kabupaten Bogor, terkesan setengah hati menjalankan program pembuatan akte Kelahiran secara Online dengan  website http/semangat.bogorkab.go.id, dimana program tersebut belum direalisasikan.
”Program Akte kelahiran secara online, memang baru 2 bulan launching,  dan baru sebatas uji coba,” kata Emilia Kepala bidang Pemamfaatan data dan Inovasi Pelayanan disdukcapil kabupaten Bogor, pada Indonews, di ruangannya, kamis (11/1).
Program tersebut, sambung dia, memang masih dilema dimana masyarakat belum semua paham menggunakan gadget, jangankan masyarakat,  saya saja tidak terlalu lancar menggunakan gadget. Sehingga, masih kita kaji ulang apa langkah yang tepat agar program tersebut bisa berjalan sesuai harapan kita bersama.
Adapun tujuan pelayanan melalui aplikasi web ini, agar masyarakat tidak perlu datang berdesak – desakan ke kantor dinas untuk membuatkan akta kelahiran anak mereka, cukup dirumah melalui Handphone, Komputer atau laptop dengan menggunakan internet, katanya menambahkan.
 Adjie Rimbawan, Wasekjend DPP Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) menyampaikan “pelayanan publik merupakan tolak ukur dari kesuksesan jalannya suatu pemerintahan. Tolak ukur dari keberhasilan tersebut adalah hal yang dirasakan atau kepuasan dari masyarakat, ” katanya pada Indonews ketika dikonfirmasi lewat telepon genggamnya. ”Alangkah naif jika kita menyusun rencana besar tapi kita tidak tahu tujuan,” terang dia.

Perencanaan, jelas dia, proses terpenting dalam menyusun program. ‎ Karena menjadi bahan untuk mengelola organisasi dan mengontrolnya. ”Rencana tidak hanya pada tataran mikro, tapi di makro pula,” jelasnya.

Penyusunan perencanaan yang matang sangat penting supaya ada mindset dalam menjalankan program. Ada‎ arah yang bakal dituju. Sehingga, program yang akan dijalankan nantinya seirama dengan rencana awal.

 “Sebab program yang tidak tepat sasaran, selain mubazir, juga bisa menjadi pelanggaran atau temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” pungkasnya.

(Jonny)
 
 
 
Facebook Comments

1 Comment

  1. Dinas DUKCAPIL KAB BOGOR YTH..
    NIK KK 3201372012120002 Telah mengajukan daftar online akte kelahiran mohon segera di peroses.trimakasih

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook