Saran ICW, Golkar Gandeng KPK Seleksi Ketua DPR

INDONEWS JAKARTALembaga Swadaya Masyarakat, Indonesia Corruption Watch (ICW) mengingatkan Ketua DPR baru tidak terlibat kasus korupsi.

Oleh karena itu, Partai Golkar disarankan melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam memilih pengganti Setya Novanto.

“Kami berharap partai Golkar tidak mengulangi kesalahan di 2014, menunjuk Setya Novanto yang kerap disebut-sebut terlibat sejumlah kasus korupsi sebagai ketua DPR. Apalagi Ketum baru Golkar mengangkat tagline Golkar bersih dan periode jabatan ketua DPR tersisa kurang dari dua tahun lagi, ” ujar Peneliti Divisi Korupsi Politik ICW, Almas Sjafrina Almas ketika dihubungi Indonews, Jumat (12/1/2018).

Almas mendorong supaya dilakukan proses penilaian oleh KPK terhadap para calon Ketua DPR untuk memastikan jejak rekamnya betul-betul bersih dari kasus korupsi.

“Untuk memastikan anggota yang diajukan tidak bermasalah boleh juga meminta penilaian/screening pihak lain, seperti KPK soal keterlibatan pd kasus korupsi,” tambah Almas.

Seperti diketahui, sejumlah kader Golkar masuk bursa calon Ketua DPR.

Mereka adalah, Sekretaris Fraksi Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita, Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo, Ketua Banggar DPR Azis Syamsuddin, dan Ketua Komisi II Zainudin Amali. (Ant)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook