Capacity Building Program Prioritas Organ Relawan Jokowi “Jaringan Makmur Nusantara (JMN) 

INDONEWS JAKARTAPengembangan kapasitas merupakan program Prioritas Jaringan Makmur  Nusantara (JMN),  karena pengembangan kapasitas menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan proses pembangunan.
Hal itu disampaikan Dicky Sekretaris Jenderal JMN yang juga Ketua Panitia Monev, disela-sela Acara Monitoring & Evaluasi Relawan Jokowi di Gd. Perpustakaan Nasional, Jl. Medan Merdeka, Jakarta, jumat 12/01/18
“Capacity building adalah proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan, serta sikap dan perilaku”
Tentu dengan Tujuan agar kelak JMN memiliki SDM yang baik, penataan Organusasi yang baik serta proses bisnis capaian target JMN sebagai yang ada dalam visi misi JMN.
“Harus disadari bahwa berkembang tidaknya suatu organisasi sangat dipengaruhi adanya keperdulian dan kualitas SDM dalam menggerakkan organisasi”
“Dengan demikian, proses peningkatan kapasitas (capacity building) dan pembangunan karakter (caracter building) SDM menjadi hal yang mutlak kami lakukan”, katanya menambahkan 
“Kehadiran JMN,  tidak sekedar menjadi organ relawan pada Pilpres 2019, tapi bisa menjadi salah satu lembaga studi dan kajian, dimana bisa ikut berperan aktif mengawasi atau mengawal jalannya pemerintahan Jokowi-JK”
Ia juga berharap agar Sahabat-sahabat Relawan jangan hanya  bersifat seremonial,  dimana kita hadir  pas acara-acara besar atau Bapak Jokowi hadir dimana sampai membludaknya Sahabat Relawan datang, itu kurang membawa efek dalam memenangkan Bapak Jokowi ke periode 2, paling hal itu hanya sebatas shock therapy
“Relawan harus bergerak jangan hanya menunggu dan berjuang bila ada logistik, seperti apa yang selalu disampaikan Bapak, Kerja….kerja….Kerja nyata”, imbuhnya  Jadi program yang dijalankan pemerintah  harus kita pahami, sesungguhnya siapapun pemerintah pasti programnya bagus, tinggal bagaimana kita ikut berpartisipasi, tentunya harus diikuti dengan punya konsep dan program sendiri sebagai Organisasi

Misalnya, JMN  sudah 2 tahun ini turun dan monitoring  ke daerah-daerah, masih banyak desa yang tidak punya listrik maupun  air bersih, sementara program-program di kemendes RI itu ada anggaran CSR yang bisa digunakan tentunya bersifat usulan, dan masih banyak lagi program-program lainnya.

Lanjutnya dia juga berharap agar para Organ Relawan Jokowi bisa membentuk suatu koalisi tapi yang bersifat kolektif  kolegial dengan dibawah naungan resmi , maksudnya resmi itu Kantor staff Presiden (KSP) RI.

Koalisi yang memiliki makna bersatu dan bermufakat dengan Kolektif dan kolegial, jadi semua punya posisi dan kedudukan yang sama, masing-masing Organ bawa benderanya dan konsepnya, tinggal konsep tersebut kita kombinasikan jadi sebuah kekuatan dan saya yakin hasilnya akan dasyat, bisa menghantarkan Bapak ke Periode 2 tahun 2019, pungkasnya. (Red)
Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook