Hasil Kajian Pemindahan Ibu Kota Sudah Diberikan Jokowi, Kota Mana Saja?

INDONEWS JAKARTA– Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan mengenai pemindahan ibu kota tinggal menunggu arahan Presiden Joko Widodo.

Bambang menuturkan hasil kajian pemindahan ibu kota dari Jakarta ke luar Jawa pun sudah diterima Presiden Joko Widodo.

“Sudah disampaikan kepada Presiden, nanti kita tunggu arahan,” ujar Bambang Brodjonegoro saat ditemui di Kantor Kemenko Maritim, Kamis (11/1/2018).

Adapun pokok-pokok yang dikaji dalam penentuan calon ibu kota, adalah lokasi, skema pembiayaan dan perkiraan kebutuhan biaya yang diperlukan.

Akan tetapi, kajian tersebut belum membahas ke dalam tahapan desain kota yang akan dijadikan ibu kota. 

Sebelumnya, pada pertengahan Desember 2017, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, menyebut tiga lokasi di Kalimantan.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat ditemui Indonews, Jumat (15/12/2017) mengatakan bahwa ketiga provinsi tersebut memiliki potensi menggantikan Jakarta sebagai ibu kota negara.

“Kalimantan relatif aman semua. Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur,” ujarnya. “Tiga daerah ini yang potensial,” tambahnya singkat.

“Kaltim tidak banyak merepotkan Jakarta, saya sebagai Kapolri”. Demikian diungkapkan Tito Karnavian saat ditanya peluang Kaltim jadi ibu kota Negeri Republik Indonesia dari kacamata keamanan dan kondusifitas wilayah.

Kendati demikian Kapolri menegaskan bahwa dirinya tak mempunyai wewenang untuk memutuskan hal tersebut (ibu kota negara).

“Bisa saja, ini kan saya dengar Kaltim, Kalteng dan Kalsel. Bisa saja. Tapi saya bukan pengambil keputusan untuk itu,” jelasnya.

Jenderal bintang empat tersebut mengapresiasi situasi kamtibmas yang kondusif di Kaltim.

Ia berharap situasi ini harus dipertahankan, juga dijadikan kebanggaan bagi warga Kaltim itu sendiri.

“Ini yang harus disyukuri penduduk Kaltim. Keamanan yang relatif stabil,” katanya.

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook