INDONEWS MELAKUKAN POLLING SURVEI UNTUK PEMILIHAN WALIKOTA DAN BUPATI BOGOR

INDONEWS BOGORPerhelatan demokrasi Pilkada Serentak 2018 resmi digelar sejak 8 Januari 2018. Komisi Pemilihan Umum mulai membuka pendaftaran bagi para bakal calon kepala daerah dan wakilnya yang nantinya akan diproyeksikan memimpin daerah.

Di Jawa Barat ada 17 pilkada yang digelar serentak tahun ini. Ada 1 tingkat provinsi, 6 tingkat kota, dan 10 tingkat kabupaten. Meski demikian, dinamika pilkada di tingkat provinsi ternyata menyedot perhatian lebih besar dibandingkan dengan di tingkat kabupaten maupun kota.

Ada beberapa faktor mengapa perhelatan Pilgub Jabar 2018 ini begitu menyita perhatian publik. Pertama, kemungkinan karena munculnya sejumlah tokoh penting yang ikut menjadi peserta pilkada dan dinamika selama proses pencalonannya. Perhatian nasional juga tertuju pada tokoh-tokoh di Jabar tersebut hingga mendapatkan sorotan yang lebih besar dari media.

Kedua, Jabar adalah miniatur Indonesia, bahwa Jawa Barat sebagai instrumen penting politik elektoral pada skala nasional. Itu sebabnya, Jawa Barat mendapatkan perlakuan khusus oleh semua partai politik yang berkepentingan.

Khusus untuk wilayah Bogor, Indonews melakukan Polling Survei untuk pemilihan Walikota dan Bupati Bogor. Polling Survei Indonews Online dilakukan hanya untuk mengukur masing-masing paslon, ini semua kami lakukan agar masing-masing paslon dan partai dapat mengukur elektabilitas dari masing-masing paslon.

Adapun tujuan dari diadakan Polling Survei ini dapat menjadi masukan amat penting untuk melihat secara riil kekuatan dan kelemahan kandidat sekaligus untuk menghadapi masa kampanye yang akan segera dilakukan. Hasil survei juga membimbing kandidat dan tim sukses tentang apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan peluang terpilih dalam Pilkada nanti.

Polling Survei ini bukan semata sebagai hasil akhir, khususnya untuk wilayah Bogor Kota dan Kabupaten. Akan tetapi untuk mengukur paslon-paslon tersebut. Keempat paslon Walikota sudah resmi mendaftarkan ke KPU Bogor, keempat pasangan tersebut adalah :

  1. Dadang Danubrata dan Sugeng Teguh Santoso (diusung PDIP & PKB)
  2. Bima Arya Sugiarto dan Dedie A. Rachim (Diusung PAN, Demokrat, Golkar, NasDem, Hanura dan Perindo)
  3. Achmad Ru’yat dan Zainul Mutaqin (PPP)
  4. Edgar Suratman dan Sefwelly Gynanjar Djoyodiningrat (Independen)

Sementara untuk Paslon Bupati Bogor adalah sebagai berikut :

  1. Ade Ruhandi (Jaro Ade)-Ingrid Kansil (Disusung Golkar, Demokrat, PAN, Nasdem, PKS dan PKP).
  2. Ade Yasin-Iwan Setiawan ( Diusung PPP, Gerindra, dan PKB)
  3. Fitri Putra Nugraha (Nungki)-Bayu Syah Johan (Diusung PDIP & HANURA)
  4. Ade Wardhana-Asep Ruhiyat (Indpenden)
  5. Gunawan Hasan-Ficky Rhoma (Independen)

Itulah Paslon-paslon Walikota dan Bupati Bogor yang akan meramaikan khasanah Pilkada 2018 yang dilakukan secara serentak di wilayah Bogor khususnya dan umumnya wilayah Indonesia. Figur memang menjadi salah satu dari kunci suksesnya paslon tersebut, selanjutnya adalah dukungan partai, walaupun paslon didukung oleh banyak partai politik, belum menjamin paslon tersebut dapat meraih sukses, bahkan bukan tidak mungkin bisa menjadi momok/batu sandungan bagi paslon tersebut. Mengapa? karena masyarakat kita sekarang sudah tidak bodoh lagi dalam urusan ini, masyarakat bisa melihat mana partai bersih dan tidaknya.

Melihat kenyataan yang ada, sepertinya masyarakat sudah tidak percaya lagi pada partai-partai politik. Dengan kondisi tersebut, bukan tidak mungkin dukungan akan beralih ke Paslon Independen. Hanya saja figure independen pun tidak asal comot, harus yang memang profesional dan yang terpenting adalah bersih dan dikenal masyarakatnya.

Kita harapkan semoga mereka semua melakukan secara sportif, jauhkan dari politik uang, jurdil, serta legowo. Nah, tunggu apalagi? Siapakah pasangan/jagoan yang anda pilih? Kami tunggu pilihannya. (ES)

Facebook Comments

1 Comment

  1. Masih bingung euyy…milih yg mana pd Pilkada Jabar dan kota bogor, cocok dengan figurnya,tetapi TDK cocok dengan partai pengusung nya…

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook