KEPSEK SDN PENGASINAN, MEDIA ADALAH SARANA EDUKASI DAN INFORMASI BAGI PESERTA DIDIK


INODONEWS DEPOK.  Pelaksanaan komunikasi pendidikan di Indonesia tentu tidak terlepas dari kebebasan pers. Di era keterbukaan yang dikenal dengan istilah masa global, peranan pers sebagai sarana komunikasi pendidikan di Indonesia sangat penting untuk menyalurkan berbagai informasi edukasi kepada masyarakat, baik yang datang dari atas maupun bawah.

Seperti halnya yang diungkapkan kepala sekolah.SDN Pengasian, “Amir” yang belum lama menjabat sebagai kepala sekolah saat ditemui dikantornya senin 05/02/, Ia menuturkan, perusahaan media massa itu merupakan mitra sekolah dalam membangun pendidikan dan sarana informasi, edukasi dalam pendidikan terutama pengaruhnya dalam pendidikan anak kadang murid kami pun membaca koran”bebernya.

Jadi berita yang ditampilkan tidak selalu memojokkan sekolah yang berkuasa dan cenderung sekadar menjatuhkan, tetapi seharusnya menjadi sarana kritik yang konstruktif dan objektif bagi kelangsungan pembangunan yang demokratis khususnya.

Adapun manfaat lain dari mitra sekolah dalam ranah pendidikan adalah bahwa Jurnalistik bukanlah sebuah kegiatan yang hanya menuliskan sebuah berita yang tak bermakna. Setiap tulisan yang termuat dalam koran, majalah, tabloid, dan lain sebagainya, itu juga mempunyai nilai-nilai pendidikan, baik itu pendidikan moral, agama, politik, atau pendidikan yang lainnya. Serta tidak hanya pengetahuan yang berguna bagi para intelek saja, akan tetapi pengetahuan yang disajikan oleh jurnalis dalam media massa itu adalah pengetahuan yang berguna bagi seluruh lapisan masyarakat dengan menggunakan suatu bahasa yang mudah dipahami oleh kondisi masyarakat maupun dipeserta didik.
(Adenopiansyah

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook