Warung Kopi  PERI-JMN-INDONEWS, “DIREKSI & KOMISARIS BUMN ITU KERJA APA?”


Indonews JakartaKalau pun yang berkumpul itu Relawan, tetapi tidak juga harus memakai baju organ dan dengan ikat-kepala. Semua meneladani sikap dan figur Jokowi saja, apa adanya, ndeso dan tidak jauh dari ‘ngopi. Dengan ‘Ngopilah kita terhindar dari ‘Ke-Dunguan’, ahahaha..

Hingga akhir Desember 2017 lalu semua orang termasuk PERI,JMN & INDONEWS demikian prihatin dengan adanya rilis  24 perusahaan BUMN  yang merugikan negara > Rp. 5,85 trilyun, dalam arti merugikan  karena kalah saing dan efisiensi. Sedangkan  11 BUMN lainnya  masih merugi karena sedang dalam proses restrukturisasi.al;

1. BUMN yang merugi karena kalah saing termasuk PT Garuda Indonesia, Perum Bulog, dan PT Krakatau Steel, PT Energy Management Indonesia, PT Pos Indonesia dan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk,

2. BUMN yang masih merugi namun dalam proses restukturisasi termasuk PT Nindya Karya, PT Merpati Nusantara Airlines, PT Kertas Kraft Aceh, dan PT Kertas Leces.

3. Daftar lengkap BUMN yang masuk katagori ‘sakit dan perlu di-amputasi itu adalah:

1. PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)
2. Perum Bulog
3. PT Berdikari (Persero)
4. PT Indofarma (Persero) Tbk
5. PT Energy Management Indonesia (Persero)
6. PT Hotel Indonesia Natour (Persero)
7. PT Pos Indonesia (Persero)
8. Perum PFN
9. PT Aneka Tambang (Persero) Tbk
10. PT Balai Pustaka (Persero)
11. PT PAL Indonesia (Persero)
12. PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero)
13. PT Krakatau Steel (Persero) Tbk
14. PT Boma Bisma Indra (Persero)
15. PT INTI (Persero)
16. PT Dirgantara Indonesia (Persero)
17. PT Amarta Karya (Persero)
18. PT PDI Pulau Batam (Persero)
19. Perum Damri
20. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
21. PT Danareksa (Persero)
22. PT Pengembangan Armada Niaga Nasional (Persero)
23. PT Iglas (Persero)
24. PT Istaka Karya (Persero)

Disis lain, BUMN yang kinerja keuangannya menjadi positif pun ada , yaitu ; PT Djakarta Lloyd (Persero) ,  PT Nindya Karya (Persero) dan PT Varuna Tirta Prakasya (Persero), perusahan jasa logistik.

Kerugian > Rp. 5,852 triliun  itu lebh tinggi dari tahun sebelumnya yang ‘hanya > Rp. 5,826 triliun. Namun dari jumlah, ada penurunan karena tahun sebelumnya mencapai 27 BUMN yang ‘sakit.

Apapun itu , pemerintahan Jokowi memang ‘banyak diwariskan masalah, termasuk kinerja BUMN yang selama ini menjadi ‘sapi perahan shg ‘stugnant’ ?, Wallahualam bishowab. Bagaimana ‘menyapu habis para Direksi & Komisaris BUMN agar kembali ‘sehat dan segar. Diperlukan  semangat yang sama untuk kerja keras & dijabat oleh orang baik. Yang mengabdi untuk bangsa dan negara, bukan untuk ‘syahwat maksiat.

Mengenai penggantian atau pemberhentian Direksi dan Dewan Komisaris ‘memang’ diatur dalam Pasal 105 dan Pasal 119 Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (“UUPT”). Namun menjadi tidak haram jika relawan pun ikut ‘mengawal semua itu secara proporsional & profesional. Kami sedang kesana, kamu?

Pilpres 2019 menghtung hari, kongkritkan gerakan; Itu yang kami namakan ‘Ngopi Kebangsaan, Ngopi-nya Relawan Jokowi.
“Ngopilah, biar tak disebut Dungu !”

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook