Warung Kopi BOGOR KAPAYUN !, “ADA RATU ISABELA DI PILBUP BOGOR 2018?”

Warung Kopi BOGOR KAPAYUN !,
“ADA RATU ISABELA DI PILBUP BOGOR 2018?”

Indonews, Bogor – Pagi di Semarang, Jawa Tengah. Baru saja saya duduk di lobby Guesthouse seluler pun berdering. Nomor yang tidak aneh, 0812139716xx, siapa lagi kalau bukan ‘Lae Jonny Sirait,Amd – Pem.Redaksi INDONEWS. “Horas, selamat pagi Lae..”,..”Selamat pagi abangda, semoga pagi ini membawa kesuksesan dan kebahagiaan bagi kita semua”, ini kalimat lebay yang biasa Lae sampaikan, dan pasti ada maunya. Ahahahah..
.
“Maaf abangda, apakah tulisan untuk edisi mendatang sudah selesai ?, biar segera kirimlah ke adindamu ini”, rajuknya dari sana. ‘Tuh kan bener.., “Sudah tapi belum aku tik, bagaimana kalau akau bacakan saja, kau yang ketik..”,..”Siap Abangda, demi INDONEWS apapun kukerjakan”, Ahahaha..lebay tingkat dewa
.
RATU CANTIK JAMAN ROMAWI KUNO
“Oke catat Lae, Romawi Kuno adalah sebuah peradaban yang tumbuh dari negara-kota Roma didirikan di Semenanjung Italia di sekitar abad ke-8 (753) SM. Selama keberadaanya selama 12 abad, kebudayaan Romawi berubah dari sebuah monarki ke sebuah republik oligarki sampai ke kekaisaran yang luas. Romawi Kuno menyumbangkan banyak kepada dunia ttg pengembangan hukum, perang, seni, literatur, arsitektur, dan bahasa dalam dunia Barat, dan sejarahnya terus memiliki pengaruh besar bagi dunia hingga saat ini. Sudah,Lae?”,..”Siap,lanjutkan bang”
.
“Selain jasa para Kaisar, maka banyak yang dilupakan orang bahwa peran RATU pun ada andil bagi Kebesaran Romawi Kuno. Salah satunya adalah RATU ISABELA – istri Raja Charles V (Karl V/Carlos-1/El-Dorado), Kaisar Romawi Suci thn. 1519 –1556. Yang kemudian setelah menikah , Isabela mendapat gelar sebagai RATU ROMAWI SUCI, juga Ratu Jerman, Italia, Spanyol, Naples dan Sisilia, dan Duchess of Burgundy, sudah Lae?..”, ….”Pelan sikit lah bang, bergetar ini tangan jika diajak menulis cepat..”, kata Lae menyelak, saya tersenyum, saya pergunakan juga untuk menyalakan rokok mentol idola.
.
“Sudah, Lae?”,..”Siap abangda!, maaf, paket data yang ku kirim pagi tadi sudah masuk bang?”,..”Sudah Lae, Mauliate”, ..”Ahaha, syukurlah, ngeri kali aku kalau paket data abang habis, selesai sudah Warkop ini dengan aneka ceritranya”,..”Ahahah, namanya juga relawan Lae, ok aku lanjutkan, catat lae. .. Ratu Isabella tidak pernah bangga dengan jabatannya ia tetap ‘blusukan kesana kemari, kalau perlu ia ‘menyamar sebagai rakyat kecil untuk mendengar – melihat & bicara tentang keluh-kesah rakyatnya yang selalu trauma perang. Ia tak segan-segan harus masuk pasar, mengatur drainase ‘desa, menjadi penggembala, berkomunikasi dengan setiap orang termasuk kaum budak saat itu, dsb. Demikian tulus kalau pun tahta dan jabatannya demikian mulia. Dijaman Raja Charles IV & Ratu Isabela saat itu, 85% penduduknya adalah petani dan tinggal di tanah pertanian. Mereka memanjakan petani karena mereka paham bahwa hasil pertanianlah yang menjadi andalan membangun kerajaan termasuk militernya. Petani Romawi dijaman mereka mengandalkan enuh kepada tanaman sesuai iklim Mediterania yang panas. Tanaman sereal antara lain emmer/gandum, zaitun dan anggur. Untuk ternak mereka maksimal di ternak Sapi, domba, dan kambing. Baik untuk kosumsi daging, susu, serta kulitnya. Sudah ,Lae?”, tanya saya lagi. “Lanjut, Bang !”, Ahahah..
.
“Penghormatan lain bagi Ratu Isabela dari rakyatnya demikian mengalir, termasuk saat dia diminta menjadi Bupati Spanyol. Saat beliau wafat thn.1539, ribuan orang mengiringi pemakamannya, bahkan rakyat melakukan hari berkabung hingga setahun lamanya, itulah tanda ketulusan rakyat kepada Ratunya, yang demikian mulia hingga akhir hayatnya.
.
ADAKAH FIGUR RATU ISABELA UNTUK KABUPATEN BOGOR THN.2018-2022 MENDATANG?
“Ahahaha, mulai to the point nih bang?”, selak Jonny lagi. “Mau diteruskan tidak Lae?”,..”Maulah !, jangan sensi begitulah bang!, Ahahaha…
.
Dalam Pilbup Bogor thn.2018-2023 kita punya lima Cabup/Wabup,al: 1 Fitri Putra Nugraha-Bayu Syah Johan; PDIP, Hanura, 2. Ade Yasin-Iwan Setiawan; PPP, Gerindra, PKB, 3. Ade Ruhandi – Ingrid Kansil ; Golkar, Demokrat, PKS, PAN, Nasedem, PKPI . 4. Gunawan Hasan – Vicky Rhoma Irama; Independen, 5.Ade Wardhana-Asep Ruhiyat : Independen. Demikian semarak karena diikuti 2 paslon independen dan 3 paslon asal parpol. Bahkan ada dua ‘Ratu disana, Ade Yasin & Inggrid. Dengan latar-belakang yang ‘haru biru, mereka punya ‘hak konstitusi untuk andil dalam Pilbup Bogor 2018 ini. Ade sebagai Cabup & Inggrid sebagai Wabup. Kalau pun dari parpol berbeda, kita mendukungnya!
.
Memang tak perlu mereka menjadi Ratu Isabela, namun semangat,figur & prilaku Ratu Isabela, bolehlah untuk dijadikan referensi, yang pertanggung-jawabannya kepada Allah SWT, Tuhan YME, bukan hanya kepada konstituen saja. Jangan juga mencontoh para eksekutip, legislatif atau Kepala Daerah perempuan yang kini dipenjarakan KPK, itu menistakan seluruh keluarga hingga 7 turunan. Yang lebih cilaka, mereka lupa saat disumpah jabatan mereka disaksikan ‘kitab suci’ diatas kepalanya. Sudah,Lae !?”, tanya saya karena hening…”Sabar bang, ku sikat kopi ini dulu, sudah mulai dingin ini bang”, Ahahahah..
.
Perempuan adalah tulang rusuk laki-laki, namun juga dia adalah TIANG NEGARA. Maka apabila perempuan itu baik, akan baik pula negaranya, dan apabila perempuan itu rusak, maka akan rusak pula negaranya. Ini merepresentasikan pandangan Islam (Indonesia) terhadap (kaum) perempuan. Dalam komunitas sosial Islam, perempuan ditempatkan sebagai sentral budaya masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.Tiang negara bukan sekadar kiasan (metafora) yang hanya dipakai untuk menasehati perempuan agar kokoh menjaga etika, moral dan nilai-nilai agama. Sehingga kaum pria bebas melakukan apapun khususnya ‘maksiat konstitusi, lihatlah Ratu Isabela, dia demikian mendukung tugas Raja Charles yang juga suaminya. Namun tak melupkan kodrat sebagai istri Raja, yang menjunjung kemuliaan dan kehormatannya. Saya yakin Ade & Inggrid mampu !
.
POTENSI PERTANIAN KAB.BOGOR UNTUK RATU BOGOR 2018
Pertanian di Kabupaten Bogor terdiri dari pertanian tanaman pangan, sayuran dan hortikultura serta perkebunan. Tanaman pangan padi menyebar hampir di semua kecamatan, dengan variasi luasan yang berbeda. Umumnya padi sawah menyebar di wilayah tengah dan utara, dimana sudah tersedia irigasi, seperti di kecamatan Rumpin, Cigudeg, Sukajaya, Pamijahan, Cibungbulang, Ciampea, Caringin, Jonggol, Sukamakmur dan Cariu. Tanaman padi gogo menyebar hanya di beberapa kecamatan dalam luasan terbatas. Sayangnya , Produktivitas tanaman padi sawah ‘baru mencapai > 4 – 5 ton/Ha, dan produktivitas padi gogo > 2-3 ton/Ha. Jika Ratu Bogor ‘muncul nanti apakah mampu menaikan hingga 200%, atau 5-10 ton/Ha?
.
Ratu Bogor juga harus melakukan ‘difersifikasi komoditi tanaman pangan dan hortikultura unggulan lain selain Talas Bogor, Nanas Gati, Pisang Rajabulu dan Manggis Raya. Mengapa?, karena Kab. Bogor itu adalah daerah agraris, maka banyak potensi lain yang dapat dikembangkan, orang Betawi bilang ‘4L-Lu Lagi,Lu Lagi’, Potensi Pertanian Kab. Bogor masih jalan ditempat. “Cilakanya ada gossip bahwa PAD terbesar Kab.Bogor adalah dari sektor PJU-Penerangan Jalan Umum, kenapa bukan dari sektor Pertanian atau sektor pariwisata?, Come on!
.
Jokowi tidak akan melakukan dan membuat proyek infrastruktur lagi di tahun 2019 , karena semua sudah diagendakan thn.2014-2019, sehingga yang ada sekarang hanya tinggal finalisasi saja agar tidak ‘mangkrak.
.
Sebagai gantinya Jokowi akan ‘concern kepada pembangunan Irigasi Nasional, yang sudah dipetakan sekitar 2000 proyek di seluruh Indonesia di thn.2018-2019 yad, menggenapkan menjadi 5000 pembangunan irigasi nasional sejak thn.2014 lalu. Jika saja setiap irigasi membutuhkan dana Rp.250 juta X 2000 irigasi, rakyat pun siap menyediakan > Rp.500 miliar di APBN/D. Bagaimana di Kab. Bogor?
.
Sedangkan saat di Warkop ini seminggu lalu, saya sempat mendengar dua orang mahasiswa sedang berdiskusi,saya mencatat kegundahan mereka yang mengatakan bahwa hampir 40% dari 256 irigasi di 8 kecamatan Kab. Bogor tergolong ‘lumpuh dan 60% nya tergolong perlu perbaikan , saya pikir data yang mereka dapat itu hoax !!
.
“Hallo Lae, ….. Hallo..!!”, hingga lama tidak ada jawaban disana,pastinya baterai Hp-nya drop. Ya sudah nanti juga dia pasti telepon lagi.
.
Apapun, kami segenap Relawan dan INDONEWS berharap akan muncul ‘Ratu Isabela di Kabupaten Bogor thn.2018-2022 mendatang, Aamiin Yarabil’alamiin……….

(Arief P.Suwendi, Ketum Persatuan Relawan Indonesia (PERI) & Penasehat INDONEWS Bd.Media & Event Organizer)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook