AKTA KELAHIRAN DI KOTA DEPOK SATU MINGGU ???

 AKTA KELAHIRAN DI KOTA DEPOK SATU MINGGU ???

INDONEWS DEPOK. Memiliki surat surat berupa ktp, akte, kartu keluarga dll sangatlah penting sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok No 10 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.

saat wartawan dari media Indonews melakukan pembuatan akta kelahiran kamis 01/02/2018, ada didalam Perda tersebut denda administratif untuk usia 18tahun keatas sebesar 100 ribu rupiah, karena mengingat pembuatan akta kelahiran untuk usia 18 tahun keatas maka dibayarlah uang denda tersebut.

Saat ditanya pada petugas untuk kapan selesai nya ia mengungkapkan dan memberikan secarik kertas untuk pengambilan dan disitu tercantum tanggal 08/02/2018. Karena mengingat dalam waktu seminggu akan terbit akta lahir maka dari wartawan indonews sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi begitu primanya pelayanan administrasi di pemerintahan kota depok.

Selang beberapa hari dari jadwal pengambilan yang telah ditentukan, mengingat ada kesibukan lain akhirnya sekitar tanggal 23/02/2018 jum’at, menanyakan kepada petugas disdukcapil tentunya mau mengambil akta kelahiran,”tetapi ketika ditanyakan kepada pihak petugas disdukcapil bahwa akta lahir tersebut belum terbit dengan alasan “maaf pak akte sudah kami cetak tapi belum bisa diambil karena belum di paraf oleh Kabid dan belum ditandatangani oleh Pak Kadis, kebetulan beliau sedang tidak ada ditempat,”ungkapnya.

Lain halnya ungkapan dari salah satu petugas yang didalam kantor “Munarwan, ia menjelaskan “bahwa akte kelahiran kemungkinan ada kekeliruan data jadi telat dan kami sudah verifikasi serta sudah tiga kali dicetak, tetapi belum ditanda tangani oleh Pak kadis, jadi belum bisa diambil’ telatnya selasa atau hari rabu bisa diambil.”tuturnya.

Dari persoalan diatas Tentunya tidak terlepas dengan prosedur SOP keadministrasian berdasarkan keputusan wali kota depok no 477/233/kpts/Disduk-Capil/Huk/2009 tanggal 16 juni 2009.
serta data yang akurat dan terlampir namun sangat disayangkan dari prosedur SOP 30 hari tetapi di secarik kertas pengambilan dijadwalkan satu minggu jadi mana yang akurat?
Adenopiansyah/nurhayati

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook