KINERJA KELURAHAN PENGASINAN DIDUGA LAMBAN DALAM PENGURUSAN SURAT SURAT

KINERJA KELURAHAN PENGASINAN DIDUGA LAMBAN DALAM PENGURUSAN SURAT SURAT

INDONEWS DEPOK. Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan mewajibkan pemerintah memenuhi hak warga memperoleh dokumen kependudukan, seperti KTP. Dengan amanah itu, pemerintah harus aktif melayani warga untuk memperoleh dokumen kependudukan.

Berdasarkan Perda Kota Depok Nomor 10 Tahun 2015. Dalam Perda itu dijelaskan KK, KTP-EL, Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Kematian, Akta Perceraian, Akta Pengakuan Anak dll. Semua pelayanan gratis, kecuali denda dan telat lapor.

Persepsi masyarakat terhadap pelayanan KTP dan KK serta akte kelahiran maupun surat surat lainnya di tingkat kelurahan menilai proses pembuatannya tidak memuaskan karena proses penyelesaiannya yang sangat lama rata-rata mencapai satu bulan bahkan lebih.

Hal serupa yang dialami warga kelurahan pengasinan “Nurhayati, senin 26/02/2018″ saya sudah beberapa kali bulak balik ke kantor kelurahan pengasinan menanyakan Ktp dan kartu keluarga tetapi sampai saat ini belum juga selesai ketika ditanya pihak stap kelurahan berdalih operator tidak ada lagi sakit”ungkapnya.

Kronologisnya pada tanggal 09/01/2018, Nurhayati menyerahkan data administrasi berupa KTP/KK kepada salah satu stap kelurahan untuk diverifikasi data dan ganti ktp karena rusak, dan dari pihak kelurahan pun mengambil data tersebut, saat ditanyakan kapan selesainya” ia menuturkan, tunggu kabarnya kalau tidak ibu datang saja kekantor,”tuturnya.

Tetapi saat ditanyakan ke kantor kelurahan dan sudah beberapa kali datang belum juga selesai. Dari persoalan diatas Tentunya tidak terlepas dengan prosedur SOP keadministrasian berdasarkan keputusan wali kota depok no 477/233/kpts/Disduk-Capil/Huk/2009 tanggal 16 juni 2009. yaitu 14 hari kerja tetapi sudah mau hampir 2 bulan belum juga selesai.

Dengan kejadian ini saya berharap pihak kelurahan lebih memperhatikan lagi warganya, mengingat surat surat keadministrasian identitas diri sangat diperlukan untuk keperluan lain”pungkasnya.
Nurhayati

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook