Kurangnya Perhatian Pemerintah Terhadap Sekolah,  Disdik Kemana ya?

Kurangnya Perhatian Pemerintah Terhadap Sekolah,  Disdik Kemana ya?

Indonews, Bogor – Puluhan, bahkan mungkin ratusan sekolah dasar, khususnya di wilayah pelosok, ingin merasakan “nikmatnya” APBD Kabupaten Bogor.

Sebanyak ratusan murid SDN Kelas Jauh Cipinang 03, Kecamatan Rumpin harus rela belajar di halaman rumah salah satu warga

Selama ini Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor belum cukup adil memberikan porsi anggaran, terutama untuk pengembangan sarana dan prasarana sekolah.

Dimana perhatian Pemerintah terhadap SD di wilayah utara Kabupaten Bogor. Mungkin bila dibandingkan dengan porsi perhatian yang diberikan terhadap sekolah di perkotaan, ibarat langit dan bumi.

Salah satu contohnya SD Kelas Jauh Cipinang 03 di Kecamatan Rumpin. Sudah satu dasawarsa kegiatan belajar dan mengajarnya dilaksanakan dalam keprihatinan.

Peserta didik seperti harus merasakan pahitnya hidup di zaman sebelum Indonesia merdeka. Berpindah-pindah karena tak punya gedung sendiri, KBM-pun dilakukan melantai karena ketiadaan fasilitas meja dan kursi.

Menyikapi hal ini, anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor menilai Disdik tidak peka terhadap kebutuhan pendidikan di wilayah pelosok.

“Jika kondisinya sudah hampir 10 tahun seperti itu, DPRD mempertanyakan kinerja dinas teknis. Dimana pula peran Pemerintah setempat, baik kecamatan maupun desa, berikut UPT Pendidikan (sekarang koordinator pendidikan),” geram Amin kepada Indonews Jumat (02/03)

Menurut Anggota Dewan Golkar, “semestinya keprihatinan warga SDN Kelas Jauh SDN Cipinang 03 bisa disudahi apabila ada tindakan kooperatif dari Pemerintah Kabupaten Bogor dalam hal ini Disdik”

“Heran, di zaman now masih ada 120 anak SD belajar di pelataran rumah warga, bagaimana putra putri kita memiliki daya saingnya bagus dan bisa bersaing dengan orang lain yang ada di seluruh dunia kanena persaingan sekarang ,”  ujarnya dengan kecewa.

Amin berjanji akan melakukan peninjauan langsung ke SDN Kelas Jauh Cipinang 03.

Kasi Sarpras dan Kelembagaan SD Disdik Kabupaten Bogor, Deddy Syarifudin menyebut pembangunan ruang kelas SD kelas jauh Cipinang 03 terkendala ketiadaan lahan.

“Memang rencananya akan dibangun tiga unit ruang kelas, berikut fasilitas Sanitasi dengan bantuan DAK pendidikan tahun 2017. Namun tidak ada lahan, kalaupun ada belum dihibahkan ke Pemkab Bogor,” dalih dia. (Udin/Red)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook