Warung Kopi BOGOR KAPAYUN ! “TRANSFORMASI RELAWAN, MENGAPA GUSAR TERHADAP JARO ADE – INGRID ?”

Warung Kopi BOGOR KAPAYUN !
“TRANSFORMASI RELAWAN, MENGAPA GUSAR TERHADAP JARO ADE – INGRID ?”
.
Indonews, Bogor – Transformasi adalah sebuah proses perubahan secara berangsur-angsur sehingga sampai pada tahap ultimate, perubahan yang dilakukan dengan cara memberi respon terhadap pengaruh unsur eksternal dan internal yang akan mengarahkan perubahan dari bentuk yang sudah dikenal sebelumnya melalui proses menggandakan secara berulang-ulang atau melipatgandakan.

Dalam pandangan Laseau 1980 salah satu kategori Transformasi adalah Transformasi bersifat refersal (kebalikan) pembalikan citra pada figur objek yang akan ditransformasi dimana citra objek dirubah menjadi citra sebaliknya.
Kebutuhan identitas diri (identification) pada dasarnya orang ingin dikenal dan ingin memperkenalkan diri terhadap lingkungan.
.
TRANSFORMASI RELAWAN JOKOWI
Bulan agustus 2014 lalu, Presiden Jokowi meminta agar para relawan pendukung tetap aktif , tidak bubar , inovatif , kreatif , profesional dan proporsional. Sehingga akan lahir perpaduan ‘political force  – kekuatan partai politik pengusung dan kekuatan relawan sebagai ‘moral force. Sehingga, kedua kekuatan tersebut akan melengkapi dan mengawasi segala kebijakan-kebijakan pemerintahan Jokowi .
.
Jika di-menej dengan baik sebagai suatu energi politik, kekuatan relawan memang  akan membantu kinerja Jokowi. Ibarat tubuh, Relawan harus berfungsi sebagai panca-indera. Para relawan, tentu tidak mempunyai tujuan ikut merebut kekuasaan-kekuasaan politik yang di bawah kendali kekuasaan Presiden. Karena memang dukungan yang diberikan oleh Relawan didasarkan pada rasa dan sikap rela atau ikhlas, alias tanpa pamrih politik.
.
Relawan Jokowi harus ber-transformasi dengan baik, bukan menyampaikan kebencian, sumpah-serapah dan tergesa-gesa dalam menilai sesuatu hal. Gerakan relawan harus terkonsep khususnya dalam mengawal Keadilan Pembangunan Nasional. Relawan adalah orang yang rela bekerja untuk tujuan mulia, termasuk memahami bahwa relawan  tidak mungkin memberikan dukungan secara politik kepada Jokowi dalam lembaga Parlemen, karena mereka tidak punya perwakilan fraksi di Parlemen sebagaimana yang dimiliki oleh partai politik. Oleh karenanya, sinergi antara kekuatan relawan dan kekuatan partai politik akan terus dijaga dan dipelihara oleh Jokowi secara proporsional, sesuai dengan fungsi dan perannya masing-masing
.
Maka pasca Pilpres 2014, para Relawan Jokowi pun kembali ke-desa, menyebarkan kedamaian. Termasuk kami di Persatuan Relawan Indonesia (PERI), Jaringan Makmur Nusantara (JMN) maupun Konsorsium Relawan Jokowi (KRJ).
.
TRANSFORMASI RELAWAN ERA PILKADA 2018 & PILPRES 2019
Di era-Pilkada serentak Juni 2018 , hampir 75% dari 171 pilkada adalah koalisi partai, maka Relawan Jokowi jangan alergi dan merasa jumawa. Kita tidak mendukung calon kepala daerah yang bertolak belakang dengan semangat “Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an”, itu pasti. Namun jangan juga menolak realitas perkembangan politik dan demokrasi yang terjadi, salah-satunya jika ada calon kepala daerah yang didalamnya didukung oleh parpol yang selama ini bertolak belakang dengan pribadi Jokowi. Jadi mengapa harus sumpah serapah jika calon kepala daerah itu adalah berasal dari partai yang selama ini mendukung Jokowi?
.
RELAWAN BOGOR JADI KAPAYUN (RBJK)
Transformasi kepemimpinan adalah suatu perubahan dan perpindahan bentuk dari kepemimpinan yang belum mengedepankan visi dan menginspirasi kepada kepemimpinan yang lebih mengedepankan visi dan menginspirasi para anggotanya. Ini yang terlupakan era-Pilbup Bogor thn.2018-2023. Sebagaimana terjadi di daerah lainnya juga, mereka hanya berupaya ‘bagaimana merebut dan menguasai kepala daerah.
.
Padahal, Transformasi kepemimpinan hendaknya bukan hanya memindahkan “kursi” kekuasaan dari satu pemimpin ke pemimpin lainnya tetapi disertai dengan perubahan atau perpindahan bentuk dari ideologi pemimpin sebelumnya dan disempurnakan dengan bentuk ideologi pemimpin yang baru.
.
Kepemimpinan Bupati Bogor saat ini (Hj.Nurhayanti) apapun pastinya terdapat kelebihan dan kekurangannya, inilah yang harus dilengkapi oleh para Cabup/Wabup Bogor di Pilbup thn.2018-2023. ‘Ajak masyarakat ber-transformasi dalam kampanye sehat tanpa harus saling sumpah-serapah.
.
MENGAPA GUSAR TERHADAP JARO ADE – INGRID ?
Banyak pihak yang ‘mencibir duet paslon Jaro Ade  (H.Ade Ruhandi,SE) – Ingrid Tansil, karena dianggap minim prestasi selama ini. Baik Jaro Ade saat menjabat selaku Kades, Komisi C/DPRD Kab.Bogor, Ketua DPRD Kab.Bogor , Ketua DPD Golkar Kab. Bogor dsb. Juga kepada Ingrid saat menjadi   anggota DPRRI  periode 2009-2014 ,dsb. ‘Ajak mereka yang mencibir itu  ber-transformasi dalam pemikiran yang elegan, termasuk mengundang mereka untuk bicara langsung dengan Jaro Ade – Ingrid. Mari hentikan cibiran-cibiran yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi atau di sosial media. Bukankah masyarakat Kab. Bogor hampir semua tahu dimana bisa menemui langsung Jaro Ade – Ingrid?, temui dia, sampaikan saran bahkan kritik sekali pun. Karena ini dilindungi dalam hukum, sekaligus sebagai bentuk ‘kecintaan kita kepada BOGOR KAPAYUN !
.
Untuk teman-teman RELAWAN BOGOR JADI KAPAYUN, ini adalah salah-satu tugas kalian. Bagaimana merubah sesuatu yang ‘kurang baik dalam era Pilpres 2019 & Pilbup Bogor thn.2018 menjadi lebih baik, lakukan Perubahan (transformasi) dengan konsep berdasarkan kebutuhan masyarakat Kab.Bogor kepada Jaro Ade – Ingrid sehingga tercapai apa yang disebut dengan ‘Keadilan Pembangunan Nasional & Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Bogor’.
.
Memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Tapi inilah seni ke-relawanan, ‘Management’ s The Art’. Dengar harapan dan apa mau mereka, catat dengan baik, jadikan dalam satu konsep (Bottom Up Concept) , diskusikan dengan Jaro Ade – Ingrid dan Eksekusi secara hati-hati. Jangan janjikan pembangunan infrastruktur atau apapun kepada mereka, karena RBJK fokus kepada ‘Community Development (Pemberdayaan Masyarakat).
.
Transformasi kepemimpinan Kepala Daerah , ‘tidak serta merta harus sama / mirip dengan pemimpin sebelumnya tetapi seorang pemimpin tetap harus memiliki karakter yang berbeda yang jauh lebih baik dalam menjalankan tugas kepemimpinannya.Transformasi kepemimpinan menunjukkan proses dari gaya kepemimpinan transformasional, dimana pemimpin transformasional mencoba untuk membangun kesadaran para bawahannya dengan menyerukan cita- cita yang besar dan moralitas yang tinggi seperti kejayaan, kebersamaan dan kemanusiaan. Keadilan Pembangunan Nasional & Kesejahteraan masyarakat Kab. Bogor’, itu saja.
.
Keberadaan Jaro Ade – Ingrid Kansil  bukan untuk dicibir, tetapi dijadikan semangat positif untuk bertarung. Karena Jaro Ade adalah figur orang muda Golkar, yang selalu mendukung Jokowi selama ini dan mendatang. Dan tugas RBJK – lah untuk memastikan bahwa Jaro Ade – Ingrid Kansil lebih ‘layak memimpin Bogor thn.2018-2023 mendatang.  Mohon maaf lahir bathin…… (Arief P. Suwendi, Penasehat Indonews Bd.Media & Event Organizer)

 

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook