Warung Kopi KOPI BOGOR KAPAYUN ! “AKAN BANYAK GOLPUT DI PILBUP BOGOR 2019 ?” .

Warung Kopi KOPI BOGOR KAPAYUN !
“AKAN BANYAK GOLPUT DI PILBUP BOGOR 2019 ?”
.
Malam semakin larut, sepanjang Kabupaten Bogor masih basah karena hujan sejak magrib. Dari mobil online saya turun dan langsung masuk Warung Kopi BOGOR KAPAYUN !, yang hampir 3 bulan ini belum sempat saya kunjungi. Disisi kiri tampak gazebo ukuran 6×6 mter telah dipenuhi pertunjukan Musik & Klinik jazz anak-anak karang taruna lintas kecamatan, dengan hampir 100 orang penonton. Dari jauh Barista mengacungkan dua jempolnya kepada saya, mungkin dia bangga karena warung ini penuh penonton yang pastinya sambil ‘ngopi. Kemudian saya berjalan ke sisi kanan warung, kalau pun malam hari, kios-kios karang taruna yang berjumlah 40 kios mewakili 40 kecamatan tampak ‘luber pengunjung. Kordinator kios, seorang mahasiswi di Bogor mengacungkan 2 jempolnya juga. Alhamdulillah.konsep Rembug & Youth Center Warkop BOGOR KAPAYUN ! ini sesuai harapan karena telah berjalan hampir 1,5 tahun.
.
Saat memasuki warung inti, dari jauh tampak Pemred Indonews , Jonny Sirait, Amd sedang berbicara serius dengan seorang remaja putri cantik. Saya pun duduk diantara mereka setelah menyalami keduanya.”Horas Abang, macet ya?, oke bang kenalkan ini nona bernama Putri, warga sini pelajar SMK, dia dan teman-temannya adalah pelanggan setia kita disini. Saya pun menyalami kembali, Hallo Putri, saya Arief”,..”Malam Om, saya Putri..”, katanya sambil tersenyum manis, cilakanya senyum itu sering saya lihat di artis Nikita Willy, Artis muda. Ya, Putri ibarat kembaran Nikita. Kami pun ngobrol ‘ngalor ngidul dari mulai tentang Peredaran Narkoba, Pendirian “ Bogor Kapayun! TV” hingga lainnya. Ngobrol dengan Putri membuat saya dan Lae Jonny ingat masa-masa berseragam putih-abu abu.’ Ahahah..
.
Putri dan teman-teman sekolahnya banyak yang belum mempunyai E-KTP , itu masalah inti diskusi sedangkan Pilbup Bogor thn.2018-2023 menjelang.
.
Jauh hari, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor telah merilis di Pilbup Bogor yad akan ada 7.379 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor, 3.340.002 pemilih yang 1.626 juta diantaranya adalah pemilih perempuan. Pemilih terbanyak berada di Kecamatan Cibinong > 209.000 dan terkecil di Kec.Rancabungur > 37.185 orang.
.
Sayangnya , ada > 273.120 warga Kabupaten Bogor hingga kini belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), atau > 7% yang ‘siap golput?, termasuk Putri dan teman-temannya ini.
.
FLASHBACK GOLPUT PILBUP BOGOR TAHUN 2013
Saat itu jumlah pemilih terdaftar dalam Pilkada 2013 sebanyak 3.190.543, dengan 7.716 TPS di 40 Kecamatan. Namun, masyarakat yang menggunakan hak suaranya hanya> 2.008.165 (62,94%). Maka > 1 juta penduduk Kabupaten Bogor saat itu ‘’menjadi Golput.
.
Diluar sana pengunjung semakin semarak, tidak lagi menjadikan grimis sebagai masalah. Betapa bangganya kami selaku penggagas Warung Kopi BOGOR KAPAYUN ! , Rembug & Youth Center – melihat semua ini. Tampak Putri dan teman-temannya telah membaur dengan mereka disana, Maka entah akan menjadi dosa siapa saat mereka tidak mempunyai E-KTP sesegera mungkin apalagi kemudian mereka memilih ‘Golput.
.
Saya dan Lae Jonny menghirup kopi pahit yang mulai dingin, rembulan diatas mulai menampakan diri dibalik awan gelap. Di televisi yang berlayar besar (giant-screen) tampak Jokowi sedang diwawancarai media, “Apa langkah pemerintah dengan masih langkanya E-KTP dibeberapa daerah?”,..” Saya telah meng-instruksikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo untuk menyiapkan aturan yang diyakini bisa mempercepat proses pembuatan berbagai dokumen. Dalam peraturan menteri (permen) itu, akan diatur batas waktu pembuatan E-KTP, kartu keluarga, akta kematian, dan akta lahir harus bisa dilakukan dalam satu jam saja. Satu jam, tidak boleh lebih !”, jawab Jokowi.
.
Saya dan Lae Jonny sontak mengacungkan 2 jari secara bersamaan, dengan pekik “Salam 2 Periode”, anak-anak muda itu sontak melihat kami kemudian membalas dengan “Jokowi 2 Periode” !, Ahahahah….., Mohon maaf lahir bathin (Arief P.Suwendi, Ketum Persatuan Relawan Indonesia (PERI) & Penasehat Indonews Bd.Media & Event Organizer).

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook