JALAN POROS GEOPARK MENUJU KE MAKAM LELUHUR MBAH DURAK SEOLAH TIDAK DIPERHATIKAN

JALAN POROS GEOPARK MENUJU KE MAKAM LELUHUR MBAH DURAK SEOLAH TIDAK DIPERHATIKAN

INDONEWS SUKABUMI. Kawasan Geopark Ciletuh berpusat di Kecamatan ciemas kini sudah berubah nama menjadi Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG) setelah disahkan pada tanggal 18 April 2018 pada pukul 16.20 betempat di Paris Ibu Kota Prancis.

Namun masih banyak yang menjadi ganjalan untuk masyarakat terkait pembangunan infrastruktur yang menjadi kewenangan pemda kabupaten sukabumi.

Ketika dimintai keterangan Sabtu 21/04/2018 salah satu pemuda Ketua Komunitas GEC (Geopark Education Center) via telp seluler “Samsun, mengungkapkan, “sejauh ini pemerintah daerah kabupaten seolah tidak memperhatikan pembangunan di daerah sekitar kawasan geopark ciletuh.

” Contoh besarnya yaitu jalur jalan nyomplong menuju ciloa, yang sudah jelas jalur itu merupakan poros tengah dan kawasan permukiman padat penduduk, terus selain itu juga leluhur dari kawasan geopark yaitu makam mbah durak itu terletak di jalur poros tersebut,”tuturnya.

Sambungnya “Rusaknya jalan nyomplong yang melingkup tiga Desa, yaitu Desa Taman Jaya, Desa Taman Sari dan Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas yang menuju ciloa ini juga menjadi suatu hambatan akses perlintasan masyarakat yang berdampak terhadap perekonomian yang tidak berjalan, juga selain itu para pengunjung yang ingin mengunjungi makam petilasan leluhur kawasan geopark istilah dulu yaitu Makam Cikalong terhambat akibat jalan yang kurang memadai,”ungkapnya.

Menurutnya, Oleh karena pemerintah kabupaten harus lebih memperhatikan terkait kewenangannya dalam rangka ikut membangun daerah kawasan geopark. Karena selama ini pembangunan yang dirasakan oleh masyarakat hanya dari pemerintah provinsi, dengan hal itu pemerintah kabupaten seolah mengabaikan pembangunan kewenangannya.

Ia menambahkan “Selain itu juga masih banyak kewajiban pemda kabupaten sukabumi terkait pembangunan infrastruktur yang belum terealisasi. Maka dengan hal itu untuk bapak Marwan Hamami yang terhormat selaku Bupati Kabupaten Sukabumi tolong perhatikan infrastruktur di daerah kawasan geopark ciletuh terhadap pembangunan ,”pungkasnya.
Adenopiansyah

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook