“DIDUGA PENYEBAB JEBOLNYA BENDUNGAN AIR DI DESA CIPANENGAH, KARENA HUJAN DERAS SERTA TINGGINYA DEBIT AIR

“DIDUGA PENYEBAB JEBOLNYA BENDUNGAN AIR DI DESA CIPANENGAH, KARENA HUJAN DERAS SERTA TINGGINYA DEBIT AIR

INDONEWS-SUKABUMI,Diduga Akibat hujan deras dan debit air yang cukup tinggi sehingga mengakibatkan bendungan jebol berdiameter cukup besar yang akibatkan air membanjiri jalan warga dan sekitarnya dalam lima hari ini,tepatnya di kampung cipanengah Rt/Rw (01/01) kecmatan bojong genteng,Jum’at (27/04/2018).

Seperti pantauan terlihat di pinggir jalan Batas Desa Cipanengah dan Desa Cibodas, tepatnya di Kp.Cipanengah Rt.01/ 01 Desa Bojong genteng Kecamatan Bojong genteng,terlihat sebuah bendungan air yang jebol mengakibatkan jalan warga dibanjiri air serta terputusnya aliran warga cibodas,sehingga arus lalulintas yang biasa dipakai oleh warga Desa Cipanengah sedikit terganggu.

Aris( 30 ) warga Kp.Cipanengah Rt/Rw(01/ 01) kepada Infodesaku mengatakan bahwa kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 22.00 malam,diduga hujan deras bendungan air tersebut langsung jebol karena debit air yang sangat tinggi sehingga membanjiri jalan warga serta memutuskan akses air ke desa cibodas,katanya.

esokan harinya Aris (30) langsung melaporkan kejadian tersebut ke pada pihak desa,dan dirinya berharap agar pemerintahan desa maupun pihak BPBD segera bergegas cepat memperbaiki bendungan air yang amblas dengan cara kerja bakti dengan para masyarakat, Ujarnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Desa Cipanengah Ma’mun saat ditemui ditempat kerjanya ,dirinya membenarkan bahwa kejadian bendungan air tersebut terjadi sekitar lima hari yang lalu,saat itu hujan sangat deras dan di duga debit air yang sangat tinggi mengakibatkan bendungan air jebol,ujarnya.

Camat Bojong genteng Sendi Apriadi menegaskan” kepada masyarakat khusunya pengguna air ,agar lebih tenang dalam menyikapi serta saling memberikan solusi karena ini adalah musibah yang kita tidak tau kapan akan terjadinya , karena kalo untuk bedungan air yang terbagi dua desa ini tidak termasuk dalam agaran desa,tapi kami akan bantu dari pihak Kecamatan,BPBD,dan Dua Desa yang di aliri bendungan air tersebut agar cepat diselesaikan ,ujarnya.

Untung saja pihak relawan BPBD Erni cepat tanggap dalam menerima laporan tersebut dan langsung bergegas dengan para anggota relawanya ,serta memberikan batuan seperti beronjong ,pipa air untuk penanggulangan pertama .

Dan juga kami mewakili masyarakat meminta kepada pihak Kecamatan,TNI ,BPBD, Desa berserta jajaranya ikut serta turun kelapangan dengan cara kerja bakti,agar bendungan ini cepat terselelesaikan,pungkasnya.

Pelapor :R. Iyan satria

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook