Relawan BTB Diberi Dasar Kerelawanan Tanggap Bencana

Relawan BTB Diberi Dasar Kerelawanan Tanggap Bencana

Indonews, Depok – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok menggelar Pelatihan Dasar Kerelawanan Tanggap Bencana (PDKTB) tahun 2018. Kegiatan yang diikuti 60 peserta se-Kota Depok itu, guna meningkatkan kapasitas dan kompetensi anggota Baznas Tanggap Bencana (BTB) Kota Depok saat bencana terjadi.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok, Encep Hidayat mengatakan, BTB merupakan relawan Baznas yang siap melayani masyarakat khususnya di Kota Depok dalam mengantisipasi bencana. Karena itu, imbuhnya, harus diberikan pembekalan kebencanaan yang mumpuni.

“Kita tidak berharap Kota Depok dilanda bencana. Namun, tentunya kita perlu bersiap diri jika hal itu itu datang. Pelatihan ini kami gelar agar para anggota paham apa yang harus dilakukan saat situasi genting,” katanya, di Situ Pengasinan, Sawangan, belum lama ini.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari tersebut, para peserta mendapatkan berbagai macam materi. Mulai dari pengenalan Baznas dan program-programnya, dasar-dasar kerelawanan, serta kilas balik BTB oleh Direktur BTB pusat dan Provinsi Jawa Barat.

Encep mengatakan, peserta dalam pelatihan tersebut merupakan tenaga sukarelawan utusan dari kelurahan dan masyarakat umum yang mendaftar menjadi relawan BTB Kota Depok. Dari 63 kelurahan se-Kota Depok, ada sekitar 60 kelurahan yang mengirimkan perwakilannya.

“Dengan adanya petugas di setiap kecamatan dan kelurahan, tentu ke depan mempermudah kami dalam berkoordinasi dan mendapatkan laporan dari masyarakat,” tutupnya.
(Meriawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook