Warung Kopi BOGOR KAPAYUN ! Jaga Dana Desa 2018-2023 #2018 JARO ADE BUPATI BOGOR!

Warung Kopi BOGOR KAPAYUN !
Jaga Dana Desa 2018-2023
#2018JAROADEBUPATIBOGOR!
.
Indonews, Bogor – Menuju tempat buka bersama (bukber) dengan teman-teman alumni satu angkatan SMA 53 malam Sabtu (26/5) sengaja saya menggunakan angkutan umum, agar lebih fresh saja termasuk menghindari macet orang week-end. Didalam angkot ini seorang bapak mengajak saya terus bicara tentang kebanggaannya kepada figur Presiden Ir.Joko Widodo (Jokowi), padahal jika diangkot saya lebih senang diam atau searching berita. Hal lain, adalah bagi saya Jokowi itu bukan untuk dibicarakan namun di-tauladani bagaimana dia bekerja. Juga saya membatasi bicara tentang Jokowi ditengah publik untuk menghindari semakin banyaknya orang yang ‘nyinyir.’Ahahah…
.
Bapak itu bernama Lisman (48 thn) warga asal Brangsong di Kendal, Jawa Tengah. Yang demikian semangat bicara tentang manfaat dan pemanfaatan dana desa sehingga kesejahteraan warga desa pun semakin baik setiap waktunya, karena dana desa yang diterima > Rp.800-an juta dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan. “ Memang saya sudah warga Depok sejak thn.2004, tetapi sanak keluarga masih disana, jadi kalau ada waktu saya dan anak istri pulang kampung. Hampir 10 tahun belakangan desa ini mengalami banyak perubahan, apalagi setelah adanya dana desa sejak thn.2015 , karena sebanyak 80% dana desa tersebut digunakan untuk mengecor jalan dengan ketebalan 15-20 sentimeter, om. Banyak warga desa yang menjadi pekerja, kalau pun buruh kasar. Namun semua senang,om. Inshaa Allah lebaran ini saya pulang kampung, mau lihat sudah seperti apa. Om tahu ‘ngga, tahun depan (2019) berapa dana desa yang disediakan pak Jokowi, om?”,..”Itu dana kita semua, bukan punya Jokowi, beliau hanya mengarahkan agar penggunanya amanah. Kalau tidak salah tahun 2019 > Rp.85 triliun, menaik sedikit ya dari Rp.60 triliunan ditahun ini”, jawab saya . Pembicaraan terhenti karena bunyi suara knalpot motor anak-anak ‘alay disebelah saat lampu merah demikian bising.
.
“Sayang ya om masih banyak kepala desa yang korupsi dana desa, orang kaya gitu itu punya otak ‘ngga ya om,sebenarnya, maaf ya om.”,.. “, saya terdiam membenarkan. Ditambahnya, kini Brangsong mempunyai banyak desa potensi padi sawah,jagung dan hasil ikan maka dengan baiknya infrastruktur desa maka distribusi dan logistik menuju pasar-pasar umum, kabupaten dan kota pun akan semakin baik. Termasuk harga tanah pun meningkat. Sudah bukan aspal lagi kami sudah pakai cor beton, yang dikerjakan secara swadaya bersama warga sehingga pengawasan dan kualitas pun dapat terjamin.
.
Selain infrastuktur jalan, dana desa juga digunakan untuk pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Namun, baru berjalan beberapa persen sebab skala prioritas adalah pembangunan jalan desa, jalan pertanian, dan gang kampung.
.
Sayang kami hendak sampai tujuan, saya pun pamit. “Entah kapan saya bisa bertemu langsung dengan Jokowi, namun doa kami tidak akan putus agar beliau selalu sehat hingga akhir jabatan. .”, katanya, saya mengngguk dan menjawab,Aamiin Yarabil’alamiin.
.
DANA DESA KABUPATEN BOGOR THN.2014-2023
Sambil menanti teman lain datang, saya ingat Jonny Sirait,Amd – Pem.Redaksi Indonews dan Ketum Relawan Bogor Jadi Kapayun ! (RBJK) yang minta segerakan artikel untuk edisi terbaru. Khususnya dana desa di Kab.Bogor. Semoga ceritera singkat tentang bapak Lisan diatas sedikit menjawab

Dan semua jelas diatur seperti dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi No.21 Tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa, bahwa dana desa digunakan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan berskala lokal desa bidang Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Khususnya membangun infrastuktur antara lain jalan, irigasi, jembatan sederhana, talud, bidang kesehatan dan pendidikan juga perlu diprioritaskan, diantaranya Posyandu dan PAUD.
.
Maka selaku pekerja media/insan pers, Lae Jonny dan teman-teman ‘wajib hukumnya ikut serta mengawal pendistribusian dana desa di Kabupaten Bogor , khususnya di tahun 2018-2023 mendatang, yang Inshaa Allah akan dipimpin oleh Jaro Ade – Ingrid Kansil. Karena;
.
1.Dana desa nasional thn.2018 mencapai Rp.60 triliun , dan jika saat ini ada 416 desa di kab.Bogor dan setiap desa mendapat dana > Rp. 800 juta/desa, seharusnya akan dikeluarkan > Rp.332 miliar.
.
2.Jika Jaro Ade – Ingrid menjadi Bupati/Wabup Bogor thn.2018-2023, harus ikhlas dan rela jika Indonews dan RBJK – Relawan Bogor jadi Kapayun ! akan selalu ‘cerewet dalam mengawal, mengawasi dana desa agar tepat guna serta terlibat dalam aktifitas penyebaran informasi & Inovasi (Diseminasi) tentang dana desa agar tidak melanggar hukum dan berurusan dengan KPK, Polri atau penegak hukum lainnya. Yang layak dilakukan secara reguler
.
Termasuk ‘cerewet mengkritisi kebijakan lainnya, seperti; tentang cara membagikan uang supaya lebih adil dan imbang, cara penggunaan dana desa, cara pelaksanaan dana desa & bagaimana pelaporan dan pertanggungjawaban dana desa tsb.
..
Disatu sisi pola ini diamanahkan dalam UU.Pers No.40/1999 tentang Pers , khususnya selaku sosial kontrol dan penyebar informasi untuk kemaslahatan ummat. Yang mana bagi yang menghalanginya pun akan dikenakan sangsi hukum.
.
3.Indonews dan RBJK juga akan meningkatkan ‘staminanya untuk mengawal Jaro Ade – Ingrid agar tidak lagi terulang masih banyaknya (> 60 Kades) yang ‘lupa membayar pajak desa seperti thn.2017 lalu. Yang mana kesemuanya ini dikarenakan MINIMNYA SOSIALISASI, memalukan !
.
4.Jaro Ade harus mampu meniru managerial, leadership dan tauladan Bung Karno dan Jokowi dimana selalu dekat rakyat ,kalau pun itu harus dilakukan ‘didaerah dan lumbung suara kalah di Pilbup Bogor yad. Karena saat menjadi Bupati, Jaro Ade bukan milik lagi parpol pendudukung, relawan parpol juga Indonews & RBJK. Tapi dia adalah milik semua warga kabupaten Bogor yang berjumlah > 5,7 juta orang.

Maka dalam menjemput BOGOR KAPAYUN !, yang jauh dari Korupsi, Narkoba, HIV/AIDS, Intoleransi, Radikalisme dan hal-hal lain yang bertolak dengan kultur ‘urang Bogor, yang ‘nyantri & nasionalis. Maka tidak ada pilihan lain, mari ‘menangkan’ JARO ADE – INGRID KANSIL di Pilbup Bogor thn.2018-2023 ini. Saya belum yakin dengan yang lain, #2018JAROADEBUPATIBOGOR !, Inshaa Allah, mohon maaf lahir bathin …………. (Arief P.Suwendi, Ketum Persatuan Relawan Indonesia (PERI) & Penasehat Indonews, Media Ummat & RBJK Bd.Media & Event Organizer)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook