Warung Kopi BOGOR KAPAYUN ! “JARO ADE-INGRID JANGAN SOMBONG !” .

Warung Kopi BOGOR KAPAYUN !
“JARO ADE-INGRID JANGAN SOMBONG !”
.
Indonews, Bogor – Kalau pun merasa telah menjadi manusia pilihan Allah, hendaknya jauhkanlah dari sifat-sifat tercela salah-satunya adalah ‘sombong, lihatlah hikayat dua Nabi Besar kita, Isa Allaihisalam dan Rasulullah SAW.  Mereka mencontohkan kita semua bagaimana  menerapkan sifat & prilaku ‘Tawadhu’ , sikap mulia tentang kerendahan hati karena takut kepada Allah, dalam pribahasa kemudian dikenal istilah “kian berisi, kian merunduk”.
.
Rasulullah SAW kerap membantu isterinya. Bahkan jika sendalnya putus atau bajunya sobek, beliau menjahit dan memperbaikinya sendiri, bahkan tidak segan memberi makan minum ontanya.Atau lihatlah prilaku beliau saat  bertemu kaum Anshor, beliau setelah menemui para orang-tua lalu berkumpul dengan anak-anak kecil, bercakap-cakap, bersenda-gurau dan mengusap kepala mereka. Subhanallah…
.
Demikian hal ini terjadi kepada Nabi Isa Allaihisalam; Dihikayatkan suatu hari kaum Hawariyyun  yang terkenal pembangkan dan sombong menghampiri Nabi Isa AS, mereka  memaksa untuk mengajarkan mereka bagaimana cara agar mereka bisa berjalan diatas air dan menunggangi ombak laut sebagaimana kemampuan Nabi Isa AS. Nabi Isa tersenyum, lalu mengajak mereka ketepian laut,  berjalan ketengah, belum satu langkah,  mereka tenggelam kecuali Nabi Isa AS. “Bagaimana kami tenggelam sedangkan kamu tidak?”, tanya mereka. “Jauhi kesombongan”, kata Nabi Isa, mereka pun berlalu dengan pakaian basahnya.
.
Allah SWT, Tuhan YME sangat melaknat orang-orang sombong. Banyak kejadian menarik tentang akibat orang sombong, misalnya ada seorang yang mengaku ‘relawan senior diantara kami sehingga mengecilkan keberadaan relawan lain. Namun nyatanya, saya mendengar orang itu terlibat tipu-menipu, hutang-berhutang dan pembohong. Sehingga wajar saja jika kemudian dijauhi teman relawan lainnya.

Dan hal lainnya, Ini terasa sekali saat kami menghadiri  Kampanye terakhir pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bogor 2018, Jaro Ade-Inggrid Kansil (JADI) di lapangan sepak bola Sukarna, Kecamatan ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (23/6/2018) lalu. Saya mencatat beberapa hal:

1.Sesama relawan terlihat demikian hangat , berjalan kaki karena macet dan berhujan-hujanan , saling sapa dan menngacungkan ‘Salam 3 jari”, JADI – Jaro Ade & Ingrid Kansil. Tidak ada dikotomi senior-junior, struktur partai atau bukan, semua menyatu dan baik-baik saja.
.
2.Saat Jaro Ade naik ke panggung sekitar pkl.15.00, sedangkan ribuan para relawan telah hadir sejak pkl.10.00 pagi , ia dan Ingrid terlebih dahulu menyapa hadirin dengan terlebih dahulu meminta maaf kepada masyarakat Kabupaten Bogor yang menjadi korban macet sejak pagi. Yang mana hal ini dibenarkan oleh timses-nya, Pasha Ungu yang rela macet-macetan lebih dari 20 KM untuk 3 jam sampai lookasu.
.
3.Bahkan saat hujan turun tiada henti, Jaro Ade & Ingrid tetap diatas panggung bersama ribuan relawan ‘berbasah-basahan dan menyampaikan keinginan besarnya utuk ‘mensejahterakan masyarakat Kabupaten Bogor jika terpilih nanti dengan program 7 PILARNYA, termasuk ‘membungi-hanguskan para koruptor !
.
4.Kalau pun ada Pasha Ungu disana, kita tidak melulu bernyanyi, jingkar-jingkrak. Karena kita pun terus mengumandangkan Shollawat yang dipimpin para ulama dan habaib JADI. Sehingga ‘kesakralan acara tetap terjaga
.
5.Saya bersama tokoh Merpati Putih mendapat ‘perlakuan khusus dari panitia, karena ‘didudukan di panggung VIP bersama  Tamu-tamu Kehormatan lainnya. Bahkan disana disediakan microphone, jika saja kemarin ada waktu dan diminta untuk ‘speech, maka saya akan sampaikan kepada Jaro-Ingrid agar mereka jangan sombong jika terpilih sebagai Bupati/Wabup Bogor thn.2018-2023 mendatang.
.
6.Dalam agama apapun pastinya mengajarkan akhlak ummat agar selalu baik, luhur dan mulia. Juga bagi muslim, oleh karena itu, banyak dalil al Quran dan as Sunnah yang memerintahkan kita untuk memiliki akhlak yang mulia dan menjauhi akhlak yang tercela salah-satunya adalah sikap sombong.
.
Karena, sikap sombong adalah memandang dirinya berada di atas kebenaran dan merasa lebih di atas orang lain. Padahal Allah menistanya. “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Luqman:18)
.
Atau,“Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang menyombongkan diri.” (QS. An Nahl: 23)

So,
Sejak lama saya paham JARO ADE & INGRID bukan manusia yang cepat sombong, khususnya Jaro Ade karena dia dilahirkan dari sebuah kampung kecil (cileuksa, Red) dan dari rakyat jelata, jadi sangat tahu bagaimana rasanya menjadi ‘rakyat dan hidup susah’ maka dia benar-benar ingin memberikan yang terbaik bagi rakyat Kab.Bogor di thn.2018-2023 mendatang.
.
JARO ADE saat jumpa dirumahnya, dihadapan saya dan teman-teman RBJK – Relawan Bogor Jadi Kapayun !, mengatakan berulang-kali bahwa ‘Jangan coba-coba korupsi saat saya menjadi bupati, saya habisi , saya libas dan kita benamkan kedalam bumi !
.
Itu bukan karena kesombongan Jaro, namun bentuk komitmen, ketegasan dan janjinya kepada Allah. Kalau pun JADI terpilih nanti kitalah yang terdepan mengawal Jaro-Ingrid agar ‘tidak sombong !

Saya memang tidak mempunyai hak pilih di Kab.Bogor tgl.27 Juni 2018 yad, namun sepanjang perjalanan saya, Jonny Sirait – Pemred Indonews dan Ketum RBJK, Iyan, Epin, Nino, Abas, dan teman-teman RBJK di 40 kecamatan lainnya dan puluhan ribu relawan  pasti akan memilih JARO ADE-INGGRID KANSIL dengan ‘Salam3Jari’-nya.
.
Saya bangga karena sedikitnya ‘ikut mendorong spirit dan semangat teman-teman PERI Kab.Bogor, Indonews dan RBJK selama 3 bulan belakangan ini. Khususnya melalui ‘Warung Kopi BOGOR KAPAYUN ! ini.
.
Tiba-tiba lamunan saya terburai saat ada pemberitahuan bahwa Kereta Api akan tiba di stasiun Transit Manggarai, saya pun bergegas dengan pakaian dan jaket yang mulai mengering karena berhujanan seharian ini. Seorang bapak tersenyum saat didepan pintu keluar, dia melirik T-shirt pemberian ‘Lae Jonny yang bertuliskan JADI : JARO ADE – INGRID KANSIL. Mungkin bapak itu salah satu relawan JADI yang tidak ter-ekspose selama ini, “Salam3Jari”, Inshaa Allah JADI menang ! ………………… (Arief P.Suwendi,  Ketum Persatuan Relawan Indonesia (PERI) & Penasehat Media Ummat, Indonews & RBJK Bd.Media dan Event Organizer)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook