Warung Kopi SUKABUMI AGEUNG “PETAHANA SELALU MENANG, JUGA DI SUKABUMI?” .

Warung Kopi SUKABUMI AGEUNG
“PETAHANA SELALU MENANG, JUGA DI SUKABUMI?”
.
Indonews, Sukabumi – Belum lagi selesai sikat gigi, seluler berdering , saya lihat dari Pemimpin Redaksi INDONEWS, Jonny Sirait, Amd. “Assalamualaikum wrwb. Horas, selamat pagi abang?”, “Waalaikumsalam wrwb, Horas,selamat pagi juga Lae”, jawab saya sambil berkumur menyudahi sikat gigi. “Bagaimana tanggapan abang tentang Pilkada Serentak 2018 ini?”…”Ahahaha, yang jelas hampir > 55% calon yang berasal dari pertahana-lah yang menang, baik untuk Gubernur, Bupati dan walikota. Khusus di pulau Jawa mungkin > 70%, termasuk di Jawa Barat. Ini menandakan jika publik masih percaya kepada pertahana untuk maju 2 periode..”,
.
“Apa karena para petahana memiliki waktu yang sangat panjang dalam melakukan kampanye, yakni selama lima tahun atau sewaktu dia menjabat sebagai kepala daerah.Mereka cukup punya waktu banyak melakukan ‘sosialisasi kepada publik?”, tanya Lae Jonny.

“Iya mungkin itu salah-satunya, ini kita bicara petahana yang mumpuni ya, petahana yang sukses dan amanah, yang kecil punya peluang untuk digoyang, baik karena kasus korupsi, narkoba atau intoleransi.”, jawab saya sambil membereskan alat-mandi.
.
“Sepakat bang, potensi petahana pun ditentukan oleh jumlah pemilih dalam satu daerah, semakin besar jumlah pemilih semakin sulit petahana dikalahkan. Sebaliknya, semakin sedikit jumlah pemilih, semakin mudah petahana dikalahkan,” potong Lae Jonny
.
“Iya itu hukum alam, yang jelas sejak Pilkada thn.2014 & 2018 lalu,jumlah petahana yang ikut semakin menaik jumlahnya. Ini menunjukan pemilih berharap adanya “Salam 2 Periode”, publik berharap dan yakin bahwa petahana memang harus 2 periode, sehingga semua program kerja berjalan baik. .”, jawab saya lagi
.
“Salam 2 Periode ya bang?, sama itu dengan semangat relawan Jokowi menjadikan ‘Jokowi 2 Periode”, ya?”, canda Lae Jonny, saya tersenyum saja.
.
PETAHANA JAWA BARAT 2018.
“Di Pilkada kemarin berapa jumlah petahana yang ikut bang?”, ..”Data kongkrit aku lupa, tapi kalau tidak salah ada 19 orang petahana kepala daerah/wakil kepala daerah dari 9 Kabupaten dan 6 Kota, al; 8 orang bupati Tasikmalaya, Kuningan, Subang, Garut, Cirebon, Sumedang, Ciamis, dan Purwakarta, 3 orang wakil bupati dari Garut, Majalengka, dan Ciamis, 5 orang wali kota Cirebon, Banjar, Bogor, Bekasi, dan Bandung, serta 3 wakil wali kota Bekasi, Sukabumi, dan Bandung.
.
PETAHANA BUPATI SUKABUMI 2019
“Pilkada Kabupaten Sukabumi berarti belum bang?, akahkah Bupati Drs. H. Marwan Hamami, MM yang saat ini menjabat akan ikut lagi di tahun 2019 mendatang, bang?”,…”Aku ‘nggak taulah, namun secara pribadi saya setuju jika beliau ikut kembali hingga tercapai apa yang kau bilang “Salam 2 Periode” itu, Ahahahah…..”, kami pun tertawa lepas, tertawa orang bokek, garing. ‘Ahahahah..
.
Yang jelas saat ini jumlah penduduk kabupaten Sukabumi > 2,47 juta, dengan DPT thn.2017 > 1,8 juta yang tersebar di 47 Kecamatan, 386 Desa/ Kelurahan dan > 4118 TPS di Pilgub Jabar 2018 lalu. Adapun jumlah pemilih pria > 908.000 dan perempuan > 890.000.
.
Bupati Sukabumi saat ini ( thn.2016-2020) adalah Drs. H. Marwan Hamami, MM dengan Wakilnya, Adjo Sardjono. Yang di Pilkada thn.2015 meraih suara > 500.800 (> 31%) dari 1,7 DPT, sayangnya tingkat partisipasi publik saat itu hanya > 58%.
.
Jika saja Pilkada Kabupaten Sukabumi digelar thn.2019 mendatang, bagaimana cara KPUD Kab.Sukabumi dapat meningkatkan tingkat partisipasi publik > 80%, apalagi jika petahana Drs. H. Marwan Hamami – Adjo Sardjono ‘ikut serta lagi. Inshaa Allah…. (Arief P.Suwendi, Ketum PERI (Persatuan Relawan Indonesia), Penasehat Media Ummat, Indonews & Relawan Bogor Jadi Kapayun (RBJK) Bd.Media & Event Organizer)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook