Warung Kopi SUKABUMI AGEUNG! “AWASI ,AGAR TIDAK DIKORUPSI” .

Warung Kopi SUKABUMI AGEUNG!
“AWASI ,AGAR TIDAK DIKORUPSI”
.
Indonews, Sukabumi – Dari lebih 46 tujuan wisata di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat . yang sedang viral adalah tentang ‘view/Pemandangan Pantai Palangpang Teluk Ciletuh yang dilihat dari Puncak Darma Kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Para netizen seoolah berlomba membuat vlog, foto selfie (swa-foto) dsb segala yang berkaitan dengan ini.
.
Banyak yang belum tahu jika Geopark Ciletuh merupakan konsep kawasan terpadu geologi, hayati dan budaya di Kabupaten Sukabumi Jabar yang diajukan pemerintah Indonesia melalui UNESCO untuk menjadi Geopark skala Internasional. Kini semua upaya yang dikomandoi oleh Bupati Drs. H. Marwan Hamami, MM membuahkan hasil. Karena akhirnya per-bulan April 2018 lalu UNESCO pun telah menetapkan Geopark Ciletuh menjadi bagian dari jaringan geopark dunia atau Unesco Global Geopark (UGG). Ini bagian ‘ngobrol pagi saya dengan Pemimpin Redaksi INDONEWS, Jonny Sirait,Amd kalau pun melalui seluler.
.
“Ini prestasi hebat bang, karena tingkat dunia”, kata Jonny yang akrab kami panggil ‘Lae Jonny. Saya tersenyum.
.
“Iya Lae, Selain Ciletuh, Unesco mengesahkan pula 12 geopark dari 11 negara sebagai UGG. Pengesahan disampaikan dalam sidang Executive Board Unesco ke 204, Komisi Programme and External Relations, Kamis tgl.12 april 2018 di Paris, Perancis. Kalau tidak salah yang hadir kesana mewakili Pemkab Sukabumi itu adalah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sukabumi, Budiman. Nanti re-check untuk validitas informasi ini?”,..”Siap bang !”
.
“Apa betul, jika selama ini prosesnya hingga tahunan, namun proses penetapan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu menjadi jaringan geopark global Unesco (UGG) terbilang cepat, bang?”, potong Lae Jonny.
.
“Itu berkat Allah, ini kado untuk Pemkab Sukabumi. Ini bagian dari SUKABUMI AGEUNG!, kemuliaan Tuhan untuk masyarakat Kab.Sukabumi, Lae”,…”Aamiin”
.
Di televisi saya pernah lihat bahwa penyerahan sertifikat Geopark Ciletuh-Palabuhanratu sebagai UGG akan dilakukan pada September 2018 mendatang. Keputusannya sudah ada, sertifikatnya akan diberikan secara bersama-sama di Portugal, kalau tidak salah ya Lae, re-check ya?”, ..”Siap Bang. Apakah Bupati atau Wabup, Bpk.Adjo akan hadir?”,..”Ahahaha, aku nggak tahu bang, re-check saja..”,..Hebat ya bang Bupati dan Wabup Sukabumi itu senang dibelakang layar saja, kerja senyap, ojo gaduh. Sebagaimana filosphy relawan Jokowi selama ini, Kerja Senyap, Ojo Gaduh..”, Kami tertawa bersama sambil menghirup kopi masing-masing, ‘srupuuut…
.
Kami atas nama Persatuan Reawan Indonesia (PERI) , Indonews dan Media Ummat berharap kiranya seluruh instansi terkait lebih ‘memacu kinerjanya menjelang peresmian September 2018 mendatang, Terlebih syarat utama sebuah geopark internasional, yaitu pelestarian geodiversity, biodiversity, dan cultural diversity.
Kita harus terus pelihara kebersihannya, kelestarian alamnya. Dipelihara juga peninggalan-peninggalan geologinya, juga culture-nya, Termasuk, dan skala prioritasnya adalah infrastrukturnya, bagaimana orang akan banyak datang jika jalannya kurang baik.
.
Just Info, Untuk infrastruktur jalan penghubung Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, telah tersedia > Rp.300 miliar, tahun 2016-2017 – Rp 96 miliar untuk ruas jalan dari pintu masuk Waluran ke geopark. Dan, pada thn.2017 untuk membangun jalan dari pintu masuk Loji ke geopark > Rp 217 miliar. Dan, saat ini telah disiapkan > Rp.90 miliar untuk pembuatan kawasan jalan dari arah pintu masuk Paltiga ,termasuk pembangunan bandara di Sukabumi, karena salah satu syarat geopark internasional itu, harus ada bandara dekat geopark dengan jarak tempuh maksimal tiga jam perjalanan.

Ayo SUKABUMI AGEUNG!, rapatkan barisan bersama Bupati dan Wabup kita, Marwan – Adjo, karena mereka masih yang terbaik untuk kabupaten Sukabumi. Awasi penggunaan dananya agar’tidak masuk angin. Mohon maaf lahir bathin……. (Arief P.Suwendi, Ketum Persatuan Relawan Indonesia, Penasehat Indonews & Media Ummat Bd.Media & Event Organizer)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook