SMK INSAN MEDIKA DEPOK GELAR MASA ORIENTASI PRAMUKA

SMK INSAN MEDIKA DEPOK GELAR MASA ORIENTASI PRAMUKA

INDONEWS DEPOK. UU No 12 th 2010 tentang Gerakan Pramuka pasal 20 ayat 1: Gerakan Pramuka bersifat mandiri, sukarela, dan non politis dan ART Gerakan Pramuka hasil munaslub 2012 Pasal 7 ayat 4: Gerakan Pramuka bersifat sukarela, artinya tidak ada unsur paksaan, kewajiban, dan keharusan untuk menjadi anggota Gerakan Pramuka. Inilah yang menjadi dasar pelaksanaan Masa Orientasi Pramuka (MOP).

Gerakan Pramuka merupakan suatu lembaga pendidikan non formal yang diberi tugas oleh pemerintah untuk melaksanakan pendidikan kepramukaan bagi anak – anak dan pemuda di Indonesia. Dengan demikian Gerakan Pramuka merupakan suatu wadah untuk membina dan mengembangkan generasi muda, agar menjadi warga negara yang berwatak, berkepribadian dan berbudi pekerti luhur.

Sama halnya yang digelar Yayasan Nailil Muna /SMK kesehatan Insan medika yang beralamat Jl Abdul Wahab No 73. RT 002/005 Sawangan lama. sebagai sekolah kesehatan berbasis kompentensi keahlian dibidang keperawatan dan farmasi, menggelar Masa Orientasi Pramuka di Rumah Kebon cinangka, Kamis 19/07/2018.

Kegiatan MOP (masa orientasi pramuka) SMK insan Medika Depok diikuti oleh seluruh peserta didik baru yang akan dilaksanakan dua hari, yaitu Kamis dan Jumat dengan mengusung tema: sesuai amanat permendikbud no 18 tahun 2018 tentang Jabar Tolak Kekerasan.

Yang bertujuan membentuk karakter siswa yang lebih baik, bertanggung jawab, disiplin, berani, sadar akan hukum, tertib berlalu lintas dan siswa yang memiliki jiwa wirausaha “kreatif, inovatif dan mandiri, yaitu generasi kreatif dan unggul dalam prestasi”

Dalam upacara pembukaan MOP SMK Insan Medika kali ini dibuka oleh Achmad Ruhiyat S.Th.I M.Pd, selaku pembina Dewan. Dalam sambutannya Ruhiyat mengatakan bahwa “Kegiatan MOP merupakan gerbang awal untuk melaksanakan ke-Pramukaan dan sekaligus pengenalan untuk melatih diri mandiri mewujudkan Siswa yg Mandiri, Berani, disiplin, Cepat Adaptasi dengan lingkungan baru dan Berkarakter tidak mudah menyerah dan menerima apa adanya, mudah bekerjasama dan saling membantu,”tuturnya.

Ia tambahkan, “Sehingga harapan kami anak anak sebelum memulai Kegiatan Belajar sudah paham lingkungan Sekolah,mengenal guru guru dan teman teman barunya, Kurikulum atau Sapras yang di miliki sekolah dan dengan itu berarti mereka sudah siap belajar atau menuntut ilmu dan tentunya sesuai dengan cita cita mereka kelak menjadi Tenaga Medis yg cakap, disiplin, berakhlak dan penuh dedikasi sehingga kami menyiapkan anak didik kami yg paham,matang tujuan kedepannya setelah selesai tingkat menengah ini,”ungkapnya.

Sama halanya yang diungkapkan “Arga, selaku guru dan ketua pelaksana MOP mengatakan bahwa Keseluruhan kegiatan MOP SMK Insan Medika, dititik beratkan pada bidang-bidang pengembangan diri kedisplinan dan untuk belajar mandiri mempersiapkan masa depan.

“Dengan MOP siswa dapat berinovatif dalam belajar dengan alam dan mandiri dalam hal kehidupan bermasyarakat. Intinya siswa SMK insan Medika bisa memberikan kontribusi yang positif dalam kemajuan bangsa”, terang Arga.

Sambungnya, “Pembinaan dan pengembangan generasi muda (khususnya Gerakan Pramuka) yang merupakan kader-kader penerus perjuangan bangsa dalam pembangunan nasional yang Pancasila dan dilaksanakan melalui usaha-usaha meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, menanamkan dan menumbuh kembangkan kesadaran berbangsa dan bernegara, mempertebal idealisme, semangat patriotisme dan harga diri, memperkokoh kepribadian dan disiplin, memupuk kesegaran jasmani dan daya kreasi, mengembangkan kepemimpinan, ilmu, keterampilan serta mendorong partisipasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta mengandung pendidikan,”pungkasnya.
Adenopiansyah

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook