Siti Maryatun, Pelopor Bank Sampah 

Siti Maryatun, Pelopor Bank Sampah 

Indonews, Sukabumi – Siti Maryatun yang ramah dan penuh inspirasi membuat waktu berjalan tanpa terasa. Banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari beliau khususnya tentang lingkungan dan bank sampah. 

Sejak tahun 2011,  Siti Maryatun terus berusaha meyakinkan warga tapi belum ada yang tertarik, setelah berjuang 3 tahun akhirnya tahun 2014 kerja keras perempuan aktifis lingkungan ini mulai terlihat hasilnya.

Setelah warga mulai tertarik menabung sampah, diadakan pengumpulan sampah kering yang masih bisa didaur ulang bisa dijual ke tukang rosok dan hasilnya bisa menjadi pemasukan warga.

“Siti Maryatun adalah pelopor berdirinya bank sampah di Perumahan Ratu Indah Palabuhanratu, sekaligus seorang aktivis lingkungan” 

“Aktivitasnya sebagai penggiat lingkungan, Siti terus mengedukasi masyarakat untuk menghargai sampah. Bagaimana memilih dan memilah sampah, sampah mana yang bisa dimanfaatkan kembali, baik sebagai pupuk ataupun produk daur ulang, dan juga bagaimana memperlakukan sampah agar ramah lingkungan,” Kata Siti.pada Indonews, kamis (02/08/2018)

Siti menambahkan, pembuatan bank sampah ini, dilandasi atas keprihatinannya melihat sampah-sampah banyak yang dibuang di sungai, padahal sebenarnya banyak sampah yang masih bisa didaur ulang. Hal ini membuatnya berjuang untuk mengajak warga untuk memilah sampah dan mendirikan bank sampah, terangnya.

Lanjutnya Siti, “dengan makin meningkatnya volume sampah di tengah masyarakat. Kehadiran bank sampah ini diharapkan mampu menekan volume sampah dengan memanfaatkan bahan yang masih bisa didaur ulang,” ungkapnya.

“Dan bank sampah ini terbukti mampu membawa kesejahteraan bagi masyarakat,”pungkasnya.(R. Iyan Mufti)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook