Ranggamekar Kota Bogor Menuju PROKLIM

Ranggamekar Kota Bogor Menuju PROKLIM

Indonews, Bogor – Kelurahan Ranggamekar, Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor, digagas sebagai kampung iklim, yakni gerakan nasional pengendalian perubahan iklim berbasis komunitas yang diluncurkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Kelurahan Ranggamekar Heri Herianto mengatakan, pemilihan wilayah tersebut didasarkan pada pola hidup keseharian warganya yang dinilai sudah mengarah pada aksi lokal meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengaruh emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

“Warga setempat sudah berupaya membuat lingkungan tempat tinggalnya sejuk, hijau dan teduh. Selain itu, disekitaran taman arboretum sudah di buat kurang lebih 40 lubah biopori”, kata Heri

Heri juga menambahkan, kami pun punya pengelolaan sampah, limbah padat dan cair yang ramah lingkungan dengan mengaktifkan bank sampah dan memperhatikan 3 R (Reduce, Reuse, Recycle). Ini adalah salah satu usaha pencegahan dampak bencana alam.

Seperti diiketahui, Program Kampung Iklim (ProKlim) diluncurkan untuk mendorong dan memfasilitasi tumbuhnya kampung iklim melalui pengayaan inovasi program adaptasi maupun mitigasi perubahan iklim. Program tersebut kata dia, dilaksanakan secara kolaborasi antara pemerintah dan non pemerintah, termasuk masyarakat. Punkasnya.(Wawan)

Terkirim dari tablet Samsung.

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook