Budi Karya Targetkan Bangun Bandara Di Sukabumi Tahun 2019

Budi Karya Targetkan Bangun Bandara Di Sukabumi Tahun 2019

Indonews Sukabumi – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan pembangunan bandara di Sukabumi akan dimulai 2019 mendatang. Ini ditegaskan Budi Karya saat berkunjungke Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Kamis (2/82018).

“Pemda akan menyelesaikan pembebasan tanah tahun ini, tahun depan mulai, Pemda pembebasan lahannya, dari Kemenhub pembangunanya,” ujar Budi Karya kepada awak media

Mantan Dirut PT Angkasa Pura II, memastikan lokasi bandara di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Alasannya lokasi tersebut relatif dekat dengan ibu kota Sukabumi dan ibu kota Kabupaten Sukabumi.

“Sudah pasti di Cikembar, dekat ke Kota Sukabumi dan Palabuhanratu sebagai Ibu Kota Kabupaten Sukabumi. Di sana bisa dibangun bandara dengan panjang landasan minimal 1800 meter.”

Proyeksi anggaran pembangunan bandara ini sekitar Rp 300 hingga Rp400 miliar, bersumber dari pemerintah pusat.

“Proses pembangunannya seluruhnya oleh pemerintah pusat. Ditargetkan bisa selesai pada 2021 atau 2022,” bebernya.

Budi berharap nantinya keberadaan bandara dapat menyokong percepatan pembangunan di Sukabumi. Mendukung keberadaan Unesco Global Geopark Ciletuh-Palabuhanratu.

“Potensi wisata yang telah ada dan berkembang dan Sukabumi harus diberdayakan. Sukabumi harus menjadi tempat tujuan wisata luar .

Ditempat yang berbeda, diutarakan PJ Gubernur Jawa Barat, Iriawan saat dalam kunjungannya ke objek wisata Puncak Darma di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Kamis (2/8/2018).

“Kami akan segera mendorong terutama pembangunan percepatan bandara dan fasilitas umum lainnya,” ujarnya.

Iriawan mengungkapkan, infrastruktur begitu penting agar wisatawan menjadi betah dan objek wisata mudah diakses. Apalagi Ciletuh Palabuhanratu yang kini sudah diakui Unesco Global Geopark.

“Jadi perlu ditindak lanjuti agar wisatawan mancanegara atau domestik bisa betah,” jelasnya.(Ade Nofiansyah)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook