Kwartir Ranting Bogor Selatan Adakan Latgab Pramuka 

Kwartir Ranting Bogor Selatan Adakan Latgab Pramuka 

Indonews, Bogor – Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) Kwartir Ranting Bogor Selatan mengadakan Latihan Gabungan (Latgab) selama 2  hari, dari tanggal 26 – 27 Agustus 2018, yang digelar  dilapangan sepak bola kelurahan Kertamaya Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor.

“Kegiatan tersebut disebut untuk saling mengenal dan silaturahmi antar sekolah serta melakukan pembinaan dan pelatihan,” kata Sukma, SPd Ketua Panitia Kegiatan itu pada Indonews, minggu (26/08/2018) disela-sela acara tersebut.

“Pelatihan yang akan kita berikan yaitu Kerja kelompok, Peta perjalanan, Peta lapangan, Panorama dan Ketangkasan baris berbaris, serta kesigapan berpramuka,” beber Sukma

Ia menambahkan, peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Sekolah Dasar (SD)  se-Kecamatan Bogor Selatan. Setiap sekolah diundang mengirimkan minimal 1 regu.

Drs Mad Soleh  Penanggung jawab Kegiatan itu, yang juga Ketua Kwaran Bogor Selatan, ketika diminta tanggapannya terkait kegiatan tersebut, dia menjelaskan, “Kegiatan Pramuka mulai kalender pendidikan tahun 2015/2016 menjadi kegiatan ekstra wajib yang mesti dilaksanakan di semua pendidikan. mulai dari SD, SMP, dan SMA/SMK. Pelaksanaan pembinaan Pramuka diatur dengan memperhatikan perkembangan jasmani peserta didik. Penggolongan pembinaan Pramuka menurut usianya ialah, golongan Siaga anggota yang berusia 7 – 10 tahun, golongan Penggalang anggota berusia 11 – 15 tahun, golongan Penegak anggota berusia 16 – 20 tahun, dan golongan Pandega anggota berusia 21 – 25 tahun,” Jelasnya.

Lanjut Mad Soleh, “Melalui kegiatan ekstra Pramuka dapat untuk mempersiapkan generasi muda yang tangguh dan mengembangkan jiwa nasionalisme yang sosial. Agar kelak setelah dewasa menjadi manusia yang tangguh untuk mengisi kemerderkaan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini,” ungkapnya.(Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook