Pencak Silat, Eskul Primadona di SDN Pajajaran Kota Bogor

Pencak Silat, Eskul Primadona di SDN Pajajaran Kota Bogor

Indonews, Bogor – Selain mengembangkan prestasi dalam bidang akademik, SDN Pajajaran Kecamatan Bogor Timur,  Kota Bogor juga membuat ekstrakurikuler pengembangan diri, seperti Pencak Silat.

Ridar susanto, SPd, Msi Kepala Sekolah SDN Pajajaran menyampaikan “Bidang olah raga pencak silat menjadi  program unggulan dan primadona di sekolah kami ini,” kata Ridar pada Indonews di ruangannya, Kamis (30/08/18).

“Bahkan murid-murid didik yang sudah ikut ekskul yang lain tetap ingin bergabung latihan seni beladiri pencak silat yang kami laksanakan rutin di halaman sekolah,” ujarnya.

Lanjutnya, Ridar menjelaskan pencak silat bisa dimaknai bukan hanya sekedar olahraga bela diri saja. “Tetapi juga nilai-nilai keseniannya. Mengingat usia para pesertanya, jadi hanya sebatas gerakan-gerakan tubuh untuk membela diri tahap pemula. Dengan berlatih seni beladiri pencak silat, para pendekar cilik yang dimiliki sekolah ini memiliki jiwa disiplin dan bertanggungjawab yang tinggi. Yang terpenting, para murid semakin memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Uci Sanusi pelatih pencak silat SDN Pajajaran, dia menyebutkan ekstrakulikuler dibuat untuk memperkenalkan olahraga bela diri kepada siswa sejak dini. “Kalau bukan sekarang, kapan lagi olahraga ini di ajarkan,” ujarnya.

Selain sebagai olahraga juga pegangan diri ketika mendapat kesulitan. siswa juga dipersiapkan dalam mengikuti perlombaan. “Sehingga kita tidak kesulitan lagi mencari bibit ketika ada perlombaan silat,” katanya.

Ia berharap, prestasi di SDN Pajajaran terus ditorehkan, terutama pencak silat. Karena ia meyakini, dalam jiwa yang sehat, terdapat raga yang kuat. Uci Sanusi juga berpesan kepada anak didiknya untuk menggunakan ilmu bela diri sebaik mungkin. Sebab, bela diri bukan untuk kesombongan, namun hanya digunakan ketika terdesak.pungkasnya (Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook