Kenalkan Rukun Islam Sejak Usia Dini,  PAUD Kota Bogor Gelar Latihan Manasik Haji

Kenalkan Rukun Islam Sejak Usia Dini,  PAUD Kota Bogor Gelar Latihan Manasik Haji

Indonews, Bogor – Sebanyak 5. 000 anak-anak usia dini dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se Kota Bogor yang tegabung di Himpunan Pendidik & Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) kota Bogor, mengikuti kegiatan latihan manasik haji di Kebun Raya Bogor Kota Bogor, Rabu (05/09/2018). Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pembelajaran usia dini sekaligus menjadi edukasi bagi peserta didik.

“Disini anak-anak  kita kenalkan dengan rukun islam yang kelima sejak usia dini supaya mereka mengenal dan mampu mengenalinya,” kata Ketua Himpaudi, Hj. Tetty Syafriantika, MM, MPd didampingi Ketua Panitia Siti Nurhayati, MA di sela-sela kegiatan tersebut.

Tettý  menjelaskan pesertanya menggunakan pakaian layaknya jamaah haji di Mekkah serta mengikuti tahapan-tahapan dalam pelaksanaan ibadah haji, seperti melaksanakan tawaf dengan mengelilingi Ka’bah, kemudian melaksanakan sa’i (berlari-lari dari bukit safa dan marwa) dan melontar jumrah aqobah, wustha dan ulla, wukuf dan sebagainya, Anak-anak tersebut begitu antusias mengikuti latihan manasik haji yang dipandu secara langsung oleh tim pelatihan manasik haji.

Dalam simulasi manasik haji ini, sambung Tetty, adalah sebagai pembelajaran usia dini sekaligus menjadi edukasi bagi anak didik. Kami sediakan sarana untuk menunjang pelaksanaan haji, tujuannya agar lebih memudahkan dalam pembelajaran,” ucap Perempuan yang murah senyum itu.

Dari pantauan Indonews, para anak dan orang tua antusias dan serius mengikuti seluruh rangkaian manasik yang disampaikan oleh nara sumber. Saat praktek anak dan orang tua terlihat akrab dalam mengikuti seluruh proses  ibadah manasik haji tersebut. 

Salah seorang orang tua  Yanti menyampaikan apresiasi kepada  HIMPAUDI yang telah menggelar manasik  haji dimana anak-anak sudah dikenalkan sejak dini  ibadah yang memang diwajibkan  bagi umat Islam  yang mampu. “Kita orang tua juga  termotivasi  untuk melaksanakan ibadah haji,” pungkasnya. (Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook