M. Shofyan Hamzah : Peranan Pers Sangat Penting Dalam Memajukan Pendidikan. 

M. Shofyan Hamzah : Peranan Pers Sangat Penting Dalam Memajukan Pendidikan. 

Indonews, Bogor – M. Shofyan Hamzah Guru SDN Cisarua 04 Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor dalam paparannya mengatakan, “peranan pers sangat penting dalam memajukan pendidikan,” katanya pada Awak Media Indonews pada saat berkunjung ke Sekolahnya, Sabtu (08/09/2018)

Pers mempunyai fungsi sebagai penghubung atau jembatan antara masyarakat, sekolah dan pemerintah atau sebaliknya. Komunikasi yang tidak dapat tersalurkan melalui jalur resmi atau kelembagaan dapat dialihkan melalui komunikasi pers.

“Kami sangat memahami bahwa tugas wartawan itu sangat mulia sebagai corong pemerintah dan masyarakat, guna memberikan informasi melalui media sesuai dengan undang-undang Pers no 40 tahun 1999,” ujarnya.

Shofyan berharap, “Media maupun pers membuat program pelatihan wartawan cilik (Warcil) di kalangan anak-anak sekolah Dasar, dengan pelatihan ini anak-anak akan paham literasi media, yaitu : bagaimana membuat dan mengelola media sekolah, dari mulai dasar-dasar jurnalistik, wawancara, peliputan, foto jurnalistik, mengelola hingga mendesain media sekolah,” harap pria yang bersahaja dengan santun

Lanjutnya, “Kegiatan-kegiatan seperti ini  akan mampu medorong gairah kalangan sekolah dasar untuk membangkitkan kembali media sekolahnya. Misalnya majalah dinding (mading), dimana keberadaannya saat ini yang timbul tenggelam,” pungkasnya menutup wawancara santai tersebut. (Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook