Bupati Sukabumi Akan Membenahi Jalur Cikidang Palabuhanratu

Bupati Sukabumi Akan Membenahi Jalur Cikidang Palabuhanratu

Indonews Sukabumi. Bupati Sukabumi Marwan Hamami meninjau lokasi kejadian kecelakan maut jalur Cikidang Palabuhanratu ia sangat menyayangkan kejadian kecelakaan bus pariwisata yang mengangkut karyawan dealer motor PT Catur Putera Group Bogor, di ruas jalan alternatif Cikidang di Kampung Bantarselang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (08/09).

Pasalnya, akibat kecelakaan itu menewaskan 21 orang dan 17 luka-luka yang seharusnya tidak boleh terjadi.“Jadi begini, jalur tersebut sebetulnya diperuntukan untuk kendaraan kecil saja. Dan para pengendara sebetulnya sudah diberikan peringatan jika memasuki jalan Cikidang harus hati-hati dan tidak boleh kencang-kencang,“ kata Marwan kepada awak media.

Seringnya terjadi kecelakaan didaerah tersebut, menurutnya pihaknya bersama Polres Sukabumi sudah melakukan pengawasan dengan menempatkan anggotanya. Namun, karena rombongan bus pariwisata tersebut akan berkegiatan di jalan Cikidang, maka jalur tersebut jadi prioritas.

“Khusus untuk rombongan ini, bisa dikatakan kami kecolongan. Karena pihaknya tidak sempat memberitahukan mereka karena menggunakan kendaraanya dengan kencang. Sebetulnya ada jalan lain untuk menuju tempat wisata tersebut, namun harus memutar makanya bus tersebut menggunakan jalur ini, “terangnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, kedepan pihaknya akan mengkaji ulang perlintasan tersebut. Mungkin dengan melakukan rekayasa jalan semisal dikhususkan untuk kendaran pribadi saja dan nantinya kajian ini akan diajukaan ke Provinsi Jawa Barat. Selain itu juga pihaknya akan melakukan pembahasan dengan tempat wisata arum jeram yang berada dijalan tersebut.

“Ke depan kami akan melakukan komukasi kepada pengelola pariwisata arung jeram, agar nantinya jika ada wisatwan yang menggunakan mobil besar di titik tersebut diturunkan dan kemudian dialihkan ke kendaraan kecil, “bebernya.

Dirinya juga mengaku kecolongan, karena pengawasan yang selalu dilakukan tidak optimal dan berjalan yang baik. Namun, dirinya juga mengaku dengan jumlah petugas yang sedikit dan banyaknya wisatawan menjadi tidak terpantau.

Guna membenahi jalur Cikidang-Palabuhanratu, Marwan akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.“Melihat kejadian itu kami akan melakukan kajian serta komunikasikan dengan yang melakukan pemeliharaan jalan PU Provinsi Jabar. Terutama untuk melakukan kajian serta evaluasi,” kata Marwan.

Pada jangka pendek lanjut Marwan, sambil menunggu pembenahan jalur, Pemda akan mengumpulkan operator arung jeram. Pasalnya, di sekitar lokasi kecelakaan terdapat lokasi wisata arung jeram yang sering dipadati wisatawan. Untuk sementara, operator pengelola arung jeram supaya membatasi jumlah orang yang akan dibawa ke tempat kegiatan.

“Selain itu nantinya ditetapkan tempat pul atau parkir kendaraan aman yang dapat menurunkan penumpang sebelum lokasi rawan kecelakaan,” bebernya.

Ke depan, kejadian ini jadi pembenahan baik bagi dishub, Polres serta masyarakat untuk saling mengingatkan. Misalnya kalau masih ada bus tiga perempat atau mikrobus yang masih melintas diingatkan agar tidak melalui jalan Cikidang. “Kami juga meminta PU provinsi melakukan analisa lapangan dengan gubernur baru bagaimana jalur ini dibenahi,” cetus Marwan.

Targetnya akses wisata ke Cikidang maupun masyarakat dapat lebih aman. Marwan menambahkan, dalam jangka pendek Pemkab juga akan membatasi kendaraan besar yang tidak berhubungan dengan masyarakat. “Khususnya bus untuk menghindari dulu jalan Cikidang sebelum ada solusi yang dapat dilakukan,” jelasnya.(*/Ade Nofiansyah)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook