Pers dan Dunia Pendidikan Harus Bersinergi Untuk Wujudkan Pendidikan Berkwalitas

Pers dan Dunia Pendidikan Harus Bersinergi Untuk Wujudkan Pendidikan Berkwalitas

Indonews, Bogor –  Sinergi yang terbangun antara  Pers dengan para stakeholders pendidikan tujuannya bukan untuk hal-hal yang buruk, tapi muaranya semata-mata untuk kepentingan dan kebaikan dunia pendidikan, demi terwujudnya Pendidikan berkwalitas.  “Pers sangat berperan untuk memajukan mutu pendidikan, kesenjangan pendidikan di daerah-daerah masih perlu disuarakan,” kata Jajang SPd, Kepala Sekolah SDN Cisarua 04 Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor yang juga sekaligus Ketua  Kelompok Kepala Sekolah (K3S) Cisarua ini, pada Indonews diruang kerjanya, Rabu (12/09/2018)

Wartawan atau pers punya tugas dan fungsi sosial kontrol, informasi dan edukasi, di sisi lain guru maupun kepala sekolah sebagai penyelenggara pendidikan di sekolah perlu dikontrol, diberi informasi dan juga butuh diedukasi agar dapat bekerja dengan baik.

Dia juga berharap peran sertà Media Massa lebih mengembangkan ke arah Jurnàlisme Pendidikan, agar nantinya berita-berita yang ditulis tidak sekedàr hanya seputar dunia pendidikan saja, tetapi lebih menitik beratkan dengan memberikan perhatian kepada dunia pendidikan, misalnya meliput penelitian yang dilakukan oleh para siswa, yang selama ini kurang diekspose oleh media massa.

Selain itu, dijelaskannya bahwa hubungan antara media massa dengan stakeholders pendidikan masih jauh dari harapan. “Jadi kecenderungan selama ini dimana banyaknya tenaga pendidik merasa grogi ketika menghadapi pers, untuk itu sangat penting sinerginya semua pihak harus terjalin dengan baik untuk menumbuhkan budaya menulis yang produktif dan berdaya saing global di kalangan pendidik.,” paparnya.

Lebih lanjut Ketua K3S ini menuturkan, “Ilmu jurnalistik sangat dibutuhkan untuk sekolah. Sebab jurnalistik berperan sangat aktif dalam mempublikasikan segala karya siswa di sekolah dan memberikan informasi dari luar, dengan harapan tetap dijaga independensi dan akurasinya,” pungkasnya (Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook