Warga Harjasari Meriahkan Peringatan Tahun Baru Islam Dengan Pawai Obor

Warga Harjasari Meriahkan Peringatan Tahun Baru Islam Dengan Pawai Obor

Indonews, Bogor – Ribuan warga  Kelurahan Harjasari Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor, Senin (10/09/2018) malam, menggelar prosesi pawai obor. Acara itu merupakan agenda tahunan dalam rangka memperingati tahun baru islam atau yang biasa disebut 1 Muharam.1440H /10 September 2018 M. 

Rute yang dimulai start dari halaman kantor Kelurahan Harjasari lurus ke jalan protokol Ciawi terus Wangun dilanjutkan ke Tajur dan finish di Kantor Kelurahan. acara yang diikuti 1.500 orang ini terdiri dari berbagai elemen baik itu para ketua RT/RW, Karang Taruna, Majlis Kopral, kaum ibu, bapak dan anak-anak itu, nampak semakin meriah. Pasalnya, lantunan shalawat serta iringan sentuhan musik angklung, berkumandang ditengah gemercik cahaya obor.Seperti yang terpantau awak media Indonews.

M Saleh Ibrahim  selaku ketua Panitia kegiatan tersebut yang juga Ketua Karang Taruna Harjasari mengatakan kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya. Tujuannya ialah untuk menyambut serta memeriahkan tahun baru Islam.

“Kita sengaja mengajak anak-anak untuk mengajarkan dan menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya dan nilai-nilai Islam,” katanya saat ditemui di lokasi.

Pada kesempatan yang sama KH Asep Hudri pimpinan Majlis Kopral (komunitas pecinta Rasullulloh) yang dalam Kegiatan Pawai Obor ini sebagai penanggung jawab kegiatan, dia juga menyampaikan, “Pawai obor bukanlah semata-mata sebuah ritual ibadah.dan juga bukanlah hanya yang disyareatkan oleh nabi kita, tapi Ini adalah sebagai bentuk apresiasi dan kebahagiaan kita khususnya umat islam yang dilandasi dengan rasa syukur kehadirat allah swt yang telah memberikan nikmat dimana dipertemukannya dengan tahun baru hijriyyah,” ungkapnya.

Selain sebagai moment peringatan hari tahun baru islam, tradisi tersebut sengaja digelar, guna mempertahankan tradisi dan memberikan pembekalan islam kepada generasi diwilayah itu.tentunya pawai obor ini dilakukan setelah menunaikan sunnah nabi yaitu membaca do’a akhir dan awal tahun dilanjutkan dengan hadiah fuji dan tahlil.serta pembacaan yasin, pungkasnya. (Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook