Pentingnya Guru Dan Orangtua Sinergi untuk Pencegahan Tawuran

Pentingnya Guru Dan Orangtua Sinergi untuk Pencegahan Tawuran

Indonews, Bogor – Dodoh Hamidah, S.Pd, Kepala SDN Ciomas 01 Kecamatan Çiomas Kabupaten Bogor, merasa prihatin dengan terjadinya tawuran pelajar di depan Rumah Sakit Trimitra, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, yang menewaskan seorang siswa SMP setelah terkena sabetan benda tajam, jumat (14/9/2018) beberapa waktu yang lalu.

“Dalam pendidikan, keluarga merupakan rumah sekolah pertama dalam mendidik seorang anak. Begitu juga, orang tua adalah pendidik dan pengajar utama bagi putra-putrinya. Sehingga, salah satu kunci suksesnya pendidikan karakter adalah faktor keluarga,” katanya pada Indonews ketika diminta tanggapannya sebagai tenaga pendidik dengan maraknya tawuran pelajar, Senin (17/09/2018)

“Jadi tidak adil rasanya Jika ada tawuran, mesti sekolah yang disalahkan, Pendidikan kan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Sehingga orang tua tidak boleh menganggap bahwa pendidikan anak hanyalah tanggung jawab sekolah,” ungkap Dodoh

Ia menambahkan, orang tua memiliki waktu cukup banyak mengawasi tingkah laku siswa karena berada di luar jam sekolah dan lingkungan keluarga.
“Peran orang tua siswa sangat besar untuk mencegah kasus kenakalan siswa dengan cara melakukan tawuran dengan pelajar lain,” tambah dia.

“Perlu kerja sama efektif antara guru dan orang tua, untuk mengatasi permasalahan kenakalan remaja ini, yakni memantau si anak dengan menanyakan ke orang tua, anaknya sudah sampai belum, atau anaknya sedang berada dimana, sekarang kan alat komunikasi sudah canggih,” sambungnya

“Cara ini akan menghasilkan suatu energi positif yang besar dan dapat menjadi solusi komprehensif mengatasi permasalahan kenakalan remaja yang sudah berada di level mengkhawatirkan,” pungkasnya. (Dicky)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook