MASYARAKAT KELURAHAN PENGASINAN ANTUSIAS MEMERIAHKAN LEBARAN ANAK YATIM

MASYARAKAT KELURAHAN PENGASINAN ANTUSIAS MEMERIAHKAN LEBARAN ANAK YATIM

Indonews Depok. Momentum 10 Muharram dijadikan sebagai Idul Yatama, berdasarkan anjuran untuk menyantuni anak-anak yatim pada hari tersebut. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW sangat menyayangi anak-anak yatim. Dan beliau lebih menyayangi lagi pada hari Asyura (tanggal 10 Muharram).

Dimana pada tanggal tersebut, Nabi Muhammad SAW menjamu dan bersedekah bukan hanya kepada anak yatim, tapi juga keluarganya.
Dalam kitab Faidul Qadir disebutkan, menjamu anak yatim dan keluarganya pada tanggal 10 Muharram merupakan sunnah Nabi SAW dan pembuka keberkahan hingga setahun penuh.

Seperti halnya yang diadakan oleh ratusan warga masyarakat sekelurahan Pengasinan Kecamatan Sawangan Kota Depok, Menyambut bulan Muharram 1439 H, kegiatan rutin setiap satu tahun sekali yaitu menyantuni untuk ratusan anak yatim dan kaum dhuafa. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Masjid Baitul Rahmah yang berdomisili di Kelurahan Pengasinan RT02/03, kamis 20/09/2018.

Acara dihadiri oleh Lurah Pengasinan yang baru dilantik bulan september ini, Asyari S.Sos, ditemani oleh para stap kelurahan Lpm dan ketua RW serta RT sekelurahan Pengasinan, serta para tokoh masyarakat.

Lurah Pengasinan menerangkan bahwa santunan untuk yatim dan dhuafa diadakan merupakan sunnah Nabi. “Santunan diberikan kepada 263 anak yatim dan dhuafa 430 orang, Semoga kegiatan ini menjadi ladang amal kita bersama dan semoga kedermawanan kita bertambah, serta tersentuh dan untuk menggugah hati para dermawan agar dapat berbagi dengan masyarakat sekitar yang masih berada di bawah garis kemiskinan,”ungkapnya.
Ia pun menambahkan, saya sangat berterima kasih kepada dermawan yang telah menyisihkan sebagian hartanya untuk anak yatim dan dhuafa semoga amal baiknya diterima dan dibalas oleh allah yang berlipat ganda,”katanya.

Selain itu Karnaval untuk memeriahkan Lebaran Anak Yatim ini dimeriahkan oleh berbagai aneka jenis makanan ringan dan aneka rupa hiasan dibuat warga untuk mengikuti karnaval dari berbagai bentuk dipamerkan, disamping itu di acara tersebut diselingi juga dengan berbagai pentas seni oleh anak yatim sendiri seperti marawis dan rebana serta pertunjukan seni pencak silat khas Jalan Enam pengasinan yang begitu lihai dan terlatih dalam setiap gerakan.
AdeNopiansyah

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook