Miris,. SD Negeri 3 Jayanti Kondisinya Sangat Memprihatinkan

Miris,. SD Negeri 3 Jayanti Kondisinya Sangat Memprihatinkan

Indonews, Sukabumi – Sekolah adalah sarana yang merupakan tempat belajar yang dapat menentukan keberhasilan seorang anak dalam meraih cita-citanya, sebagaimana yang di amanahkan oleh Undang-undang 1945 untuk mencerdaskan bangsa.

Namun bila tidak ditunjang dengan infrastruktur yang memadai, dikhawatirkan guru dan murid tidak dapat maksimal mengeluarkan potensinya dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar.

Pantauan wartawan Indonews, ketika mengunjungi SDN 3 Jayanti yang berada di Kecamatan Pelabuhanratu kabupaten Sukabumi ini,  memiliki  anak didik sebanyak 130 siswa-siswi dan didukung tenaga pendidik 7 orang, 2 PNS dan 5 Honorer, namun sangat disayangkan kondisi sekolah tersebut jauh dari kelayakan tempat mencari Ilmu, bahkan murid-murid di sekolah ini merasa tidak nyaman karena toiletnya rusak dan tidak berfungsi.

Sehubungan dengan kondisi sekolah tersebut, awak media ini mengkonfirmasi Kepala Sekolah SDN 3 Jayanti, Tata Resmana, S.Pd, untuk meminta tanggapan terkait kondisi sekolah itu, ia mengatakan, kami di SDN 3 Jayanti, sangat prihatin sekali pada kondisi sekolah kami saat ini, bahkan toiletnya pun sudah 1 tahun tidak berfungsi, namun kami tidak bisa berbuat apa-apa karena sekolah tidak punya dana khusus untuk perbaikan terkait kerusakan tersebut, Jelas Tata.

Lebih lanjut dia mengatakan, “kami mau benahi Sekolah dengan menggunakan dana BOS tidak di perbolehkan sesuai petunjuk tehknis penggunaan Bos, apa lagi itu adalah kerusakan berat. Sementara petunjuk tehknis hanya membiayai kerusakan ringan. Jadi terkait masalah kondisi Sekolah saat ini, kami sangat berharap bantuan dari Pemerintah melalui dinas Pendidikan, “ ucap Tata saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (20/09/2018)

Arief P. Suwendi, salah satu aktivis Pemerhati Pendidikan, ketika diminta tanggapannya melalui telepon genggamnya terkait hal tersebut, dia mengatakan mestinya Pemerintah daerah buka mata pada kondisi SD Negeri 3 Jayanti, Sekolah itu, sangat butuh perbaikan Toilet yang sudah tidak berfungsi selama 1 tahun, sementara Toilet adalah sebagai Identitas sekolah, karena bila sekolah mampu menghadirkan budaya bersih terhadap toilet, maka bisa dipastikan sekolah itu mempunyai integritas yang baik dan menciptakan identitas sekolah yang unggul.

“Jika Pemerintah masih tetap tutup mata pada kondisi sekolah tersebut, bagaimana mungkin pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif dan efisien,” tegas Arief, (R. Iyan Mufti).

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook