Study Tour SD 03 Pengasinan Adalah Metode Pembelajaran Mendidik

Study Tour SD 03 Pengasinan Adalah Metode Pembelajaran Mendidik

Indonews, Depok – Pihak Sekolah SDN 03 pengasinan Kec. Sawangan Kota Depok, dengan hasil rapat dewan kelas dan para guru yang akan merencanakan siswanya untuk mengikuti kegiatan sekolah berupa study Tour ke Taman Mini (Keong Mas,IPTEK), yang kemarin sempat menjadi topik hangat perbincangan wali murid maupun dikalangan para guru adalah rencana yang belum pasti terealisasi karena masih dalam tahap sosialisasi, ungkap para guru dan ketua komite saat ditemui awak media dikantornya, senin 24/09/2018.

“Memang kami akan mengadakan study tour tapi masih dalam tahap sosialisasi karena mengingat terdapat wali murid yang bisa mengikuti dan tidak, dan ada pula yang tidak bisa ikut karena faktor ekonomi, disini kami tidak mengharuskan karena ada kebijakan dari kami dan adapun biaya yang telah beredar saat pemberitaan tempo lalu itu hanya sebuah rencana saja, disinilah makanya perlu di musyawarahkan dengan baik, “ungkapnya.

Sambungnya, “Proses belajar memerlukan metode khusus yang jelas untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Metodologi pembelajaran merupakan cara dalam melakukan aktivitas antara pendidik dan peserta didik ketika berinteraksi dalam proses belajar. Pendidik perlu mengetahui dan mempelajari metode pengajaran agar dapat menyampaian materi dan dimengerti dengan baik oleh peserta didik. Metode pengajaran dipraktekkan pada saat mengajar dan dibuat semenarik mungkin agar peserta didik mendapat pengetahuan dengan efektif dan efisien,”pungkasnya.

Begitu pula dengan SD 03 pengasinan Metode karya wisata atau study tour yang akan digelar bulan november mendatang adalah suatu metode mengajar dengan memanfaatkan lingkungan, lokasi, atau tempat- tempat yang memiliki sumber pengetahuan bagi siswa. Metode mengajar ini dilakukan dengan pendampingan oleh guru ataupun orang tua Pendampingan dilakukan untuk menunjukkan sumber pengetahuan yang perlu dipahami oleh siswa. Metode karya wisata atau study tour ini bisa dilakukan di tempat tempat sejarah, di alam, atau lainnya.

Metode ini merupakan metode modern yang memanfaatkan interaksi dengan lingkungan nyata.Bahan yang dipelajari ketika sekolah, bisa langsung dilihat secara nyata misalnya bangunan bersejarah.Pengajaran dengan metode ini bisa merangsang siswa untuk lebih kreatif.Metode pengajaran ini sangat menyenangkan dan tidak jenuh.
Adenopiansyah

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook