KUA Cianjur Gelar Bimbingan Perkawinan, “Upaya Mencegah Perceraian”

KUA Cianjur Gelar Bimbingan Perkawinan, “Upaya Mencegah Perceraian”

Indonews, Cianjur – Tanggal 26 – 27 September 2018 Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur mengadakan kegiatan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah untuk 30 pasangan Calon Pengantin. yang bertempat di Aula KUA Cianjur.

Rian Fauzi, Plt. Kepala KUA Cianjur menyampaikan, Program Bimbingan Perkawinan tersebut sangatlah strategis. Cukup banyak pasangan suami isteri yang rumahtangganya berakhir dengan perceraian hanya karena kekurangsiapan bekal dalam memasuki kehidupan perkawinan yang baru baginya. Bimbingan Perkawinan bagi Calon Pengantin ini pun menjadi salah satu solusinya.

Narasumber dalam kegiatan ini, yaitu Plt. Kepala KUA Cianjur, Rian Fauzi, Tini Kustini, S.Pd, Emma Siti Fatimah, S.Pd. “Dalam materi juga dilakukan kontrak belajar, bahwa semua peserta berkomitmen mengikuti pelaksanaan bimbingan perkawinan ini selama 16 JPL atau selama 2 hari,” jelas Rian.

Di akhir materi diadakan pre-test ujian tulis kepada masing-masing calon pengantin untuk menggali maksud dan tujuan pernikahan.

Ia juga mengatakan, “Peserta Bimbingan tidak hanya akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan, tetapi juga akan mendapatkan keterampilan dan kemampuan. Para peserta akan mengetahui (to know), akan dapat mengerjakan (to do), akan dapat menjadi (to be), dan akan dapat bersama-sama (to together) dalam membangun keluarga yang sakinah serta akan mempunyai generasi yang berkualitas.” paparnya 

Oleh karenanya materi yang diberikan adalah : (1) Mengelola Dinamika Perkawinan dan Keluarga; (2) Mempersiapkan Perkawinan Yang Kokoh Menuju Keluarga Sakinah; (3) Memenuhi Kebutuhan Keluarga; (4) Menjaga Kesehatan Reproduksi Keluarga; (5) Mempersiapkan Generasi Berkualitas; (6) Mengelola Konflik dan Membangun Ketahanan Keluarga; dan (7) Refleksi dan Evaluasi.

“Hak isteri adalah kewajiban suami dan hak suami adalah kewajiban isteri,” kata Rian lagi menutup wawancara tersebut. (Arief)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook