Arief P.Suwendi & Jonny Sirait,Amd “SELAMAT DATANG BIBU !”

Arief P.Suwendi & Jonny Sirait,Amd
“SELAMAT DATANG BIBU !”
.
Indonews, Bogor – Merupakan kebanggaan tersendiri saat saya mendapat waktu dari Pimred INDONEWS waktu lalu (Kamis, 27/9) untuk diskusi ringan tentang progress pembangunan BIBU – BANDARA BALI UTARA yang merupakan salah-satu program andalan Jokowi dalam Nawacitanya, khususnya point tiga tentang pemberdayaan desa di Bali.
.
“Sebetulnya saya bukan orang yang tepat untuk bicara BIBU, Lae”, kata saya kepada Jonny Sirait,Amd – Pimred INDONEWS. “Tapi abang pernah datang ke Desa Kubutambahan, Buleleng dimana disanalah kordinat akan dibangunnya BIBU itu bang”, selak Lae Jonny, saya pun tersenyum.

Diskusi pun mengalr, dan kami sepakati ada beberapa catatan dibawah ini, yaitu:
.
1.Bandara Ngurah Rai Bali saat ini telah mencapai > 21 juta orang penumpang/tahun (> 58.300 orang/hari) maka dalam mencapai target 30-35 juta orang/tahun (83.300 orang/hari) diperlukan langkah-langkah ‘bijak lain selain melakukan pembangunan disana. Namun, kapasitas Landasan pacu (runway) Bandara Ngurah Rai – Bali Selatan pun sudah overload, untuk membangun hingga tercapai 30-35 juta orang itu diperlukan biaya > Rp.27 triliun, maka diperlukan ‘second-runway, dan lokasi yang terbuka adalah di Bali Utara, kemudian dinamakanlah BIBU – Bandara Bali Utara
.
2.BIBU hanya membutuhkan biaya > Rp. 6,7 triliun sekaligus pembangunan jalan tol lintas Bali Selatan & Utara > 156 Km dengan biaya > Rp.34 Trilyun, yang pembangunan ke-duanya diperkirakan sekitar 3 tahun.
.
3.BIBU akan dibangun oleh PT.BIBU Panji Sakti & KINESIS Capital & Investment (Canada), bahkan mereka telah menyiapkan anggaran > USD.2 Miliar (> Rp.27 triliun) untuk luas lahan > 1.060 hektar , panjang landasan > 4.100 meter, 30 gedung, terminal > 230.000 meter.
.
4.Sebagai keseriusannya, PT.BIBU telah memberikan feasibilty-Studynya ke Kemenhub , khususnya keterkaitan lokasi sekitar desa Kubutambahan, Kab. Buleleng, Bali.
.
5.Ground-breaking akan dilakukan PT.BIBU jika telah ada ijin dari pemerintah pusat & instansi terkait khususnya ttg penetapan lokasi (penlok) dan ijin pelaksanaan
.
6.PT.BIBU akan concern untuk membangun BIBU di atas laut/pantai, sehingga tidak banyak mengganggu Pura-Pura yang ada dan lahan produktif masyarakat lainnya. Kalau pun di darat akan membutuhkan waktu hingga 10 tahun itu pun hanya utk pembebasan lahannya saja.
.
7.Sampai saat ini ‘ter-confirm bahwa Bandara ini akan dibangun diatas laut, direncanakan pula jika akan dibangun dua landas pacu atau runway
.
8. BIBU akan menciptakan 1.300 bisnis baru di Bali dgn asumsi serapan > 240.000 lapangan kerja untuk masyarakat disana. Yang akan berdampak dalam meningkatnya pengelolaan kargo , jasa cleaning service, jasa sewa rumah/kost, tenaga kerja pramugari, pilot, crews dsb , hotel, restoran, transportasi, SMK/kampus PHRI/ASITA, dsb. Wajar jika asumsi potensi ekonomi di Bali akan meningkat > 2,2%
.
9.Direncanakan ground-breaking BIBU akan dilaksanakan sebelum akhir tahun 2018 ini, bersamaan dengan ground-breaking proyek Tol Kuta – Buleleng.
.
10.Kepada Pers usai dilantik Jokowi di Istana Merdeka – Jakarta (2/8), Gubernur Bali terpilih thn.2018-2022, Dr.Ir. Wayan Koster, MM pun menjanjikan bahwa persiapan pembangunan BIBU akan selesai di akhir tahun 2018, “Kita targetkan Bandara Bali Utara akhir tahun 2018 ini dibangun”
.
“ Ke-10 poin diatas adalah catatan sederhana saya Lae, mungkin banyak tidak benarnya, sebagaimana saya sampaikan diawal bahwa saya bukan ahlinya untuk hal diatas”, kata saya lagi. “Agh abang ini selalu saja demikian, apapun itu Jokowi telah menunjukan kinerjanya dengan baik, yang terasa besar manfaatnya khususnya ‘connecting antar desa , kabupaten, kota, provinsi dan pusat demikian pesat..”, selak Lae Jonny lagi.

Tepat pkl.18.12, saat adzan magrib berkumandang dari musholla terdekat kami pun mengakhiri diskusi ringan ala Relawan Jokowi ini. Semoga niat baik dan mulia Jokowi dalam menjadikan INDONESIA KERJA selama ini dan di thn.2018-2023 yad senantiasa diberikan kemudahan Allah SWT, Tuhan YME. Aamiin YRA. Mohon maaf lahir bathin…. (Arief P.Suwendi, Ketum PERI – Persatuan Relawan Indonesia, Penasehat Media Ummat & INDONEWS Bd.Media & Event Organizer)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook