Daur Ulang Sampah, “Mendayagunakan Kreatifitas dan Jadi Berkah”

Daur Ulang Sampah, “Mendayagunakan Kreatifitas dan Jadi Berkah”

Indonews, Bogor – Siapa bilang sampah tidak berharga?, “Daur ulang sampah bisa mendayagunakan kreatifitas dan jadi berkah”, kata perempuan hebat asal Bogor yang menyulap sampah-sampah plastik menjadi barang cantik hingga bernilai ekonomis.

Adalah Siti Halimah, penggagas sekaligus pendiri NH Collection. Ia sudah memulai usahanya mendaur ulang sampah menjadi karya seni sejak 2010 silam. Sampah-sampah plastik bekas kemasan minuman seperti kopi, teh dan lainnya diubah menjadi barang berharga seperti tas, sandal hotel, baju, aksesoris, aneka bunga, topi dan benda bermanfaat lainnya.

“Produk-produk ini sangat disukai oleh orang luar negeri,” kata Siti saat ditemui Indonews, Sabtu (29/9/2018).

Menurut Siti Halimah, ide awal membentuk bengkel kreasi ini, lantaran sampah-sampah plastik termasuk sampah yang mudah ditemui, agar tidak menumpuk menjadi sampah, maka saya mencoba membuatnya ,menjadi kerajinan yang bernilai ekonomis. 

Barang-barang hasil kreasi Siti Halimah dijual dengan harga bervariasi. Mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 250 ribu. Siti pun kini kebajiran pesanan dari sejumlah pelanggan. 

Penjualan produknya, lanjut Siti, masih sebatas online dan pameran. Sejumlah pameran di dalam negeri sudah diikutinya. Pameran di beberapa kota sudah kita ikuti diantaranya, Pontianak, Medan, Tangerang, Semarang, Bandung dan Jakarta. 

“Saat pameran tersebut, kita juga memberikan penyuluhan tentang mamfaat daur ulang sampah,” pungkasnya (Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook