TB.M Alex : Karang Taruna Harus Bisa  Berkarya Di Masyarakat

TB.M Alex : Karang Taruna Harus Bisa  Berkarya Di Masyarakat

Indonews, Bogor – Karang Taruna sebagai organisasi sosial kaum muda merupakan pilar kekuatan di dalam pembangunan dan mempunyai peran sangat penting dalam masyarakat khususnya di bidang sosial, dan sudah diakui keberadaannya dalam penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial.

Alex menuturkan, organisasi Karang Taruna yang mengakar dari tingkat nasional hingga tingkat RW, bahkan RT, harus bisa semakin berkarya di tengah-tengah masyarakat, khususnya dalam memberikan berbagai pelatihan dan pemberdayaan generasi muda.

Hal ini Ia ungkapkan pada Acara konsolidasi dan silaturahmi  Karang Taruna Muara Sari, di Aula Kantor Kelurahan Muarasari Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor, Minggu (30/09/2018).

“Karang Taruna harus bisa menciptakan generasi yang kreatif dan inovatif. Sehingga ke depan bisa meneruskan estafet kepemimpinan, serta pengembangan semangat kebersamaan, jiwa kekeluargaan, kesetiakawanan sosial, dan memperkuat nilai-nilai kearifan lokal,” Kata Alex anggota DPRD Kota Bogor ini.

Lanjutnya Alex, Karang taruna bersama-sama dengan pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial  terutama yang  dihadapi  generasi  muda, baik yang bersifat preventif, rehabilitasi maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya.

“Saya yakin apabila kita bersama bekerja sama antara pemerintah dan Karang Taruna untuk membangun bangsa ini, maka kesejahteraan akan lebih cepat tercapai,”  ujar Alex menambahkan.

Hal senada juga dikatakan oleh Ketua karang taruna Kota Bogor, RA. Iyan Mulyana Jaya Sumpena, SH, MD. Dia berharap anggota karang taruna harus ikut berperan aktif dalam memajukan lingkungannya. Membangun sinergitas dengan pemerintah dan menjalin kerjasama dengan komponen masyarakat lainnya.

“Sebagai anggota Karang Taruna kita harus bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja tuntas. Dan jangan berfikir apa yang kita dapatkan dari karang taruna, tapi harus berfikir apa yg kita berikan untuk karang taruna “.jelas Iyan Mulyana

Ditempat yang sama, Kabid Pengembangan Kelembagaan Sosial, Dinas Sosial Kota Bogor, Bambang Heryanto  menambahkan Dinas Sosial sebagai pembina akan terus memotifasi dan membimbing, untuk menghilangkan image selama ini di masyarakat yang menyatakan karang taruna itu sudah mati suri.

Ia juga mengatakan “kami berharap Karang taruna bisa membantu peran pemerintah kelurahan untuk memberdayakan semua potensi yang ada di kelurahan. Mendorong kelurahan bisa berkarya dan mandiri serta membantu program-program dari Pemkot Bogor dalam upaya mensejahterakan masyarakat.” Pungkasnya. (Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook