Pemerintah Gaet BKM Desa Jalankan Program Kotaku

Pemerintah Gaet BKM Desa Jalankan Program Kotaku

Indonews, Bogor – Puluhan warga yang tergabung dalam Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) se Desa Mekar Jaya mengikuti peningkatan kapasitas (pelatihan) soal penataan lingkungan permukiman, yang berlangsung pada hari kamis 04 Oktober 2018 di Aula Desa Mekar Jaya kecamatan Ciomas kabupaten Bogor.

Sekretaris desa Mekar jaya, Saepul mengatakan  “Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) bertujuan meningkatkan pemahaman serta kesadaran warga terkait pentingnya integrasi dokumen Rencana Penataan Lingkungan Permukiman (RPLP),” katanya pada Indonews di sela-sela acara tersebut.

Saepul berharap dengan pelatihan ini peserta akan lebih mahfum dalam melaksanakan kegiatan di lapangan yang singkron dengan pola kotaku. Tujuannya, lanjut Saepul program penanganan kumuh di desa Mekar jaya dapat terlaksana secara baik.

Pada kesempatan yang sama, salah satu Fasilitator kelurahan kotaku Tety menyampaikan, “selain soal penataan lingkungan, peserta juga dilatih bagaimana cara memilah sampah organik dan anorganik disamping  agar lingkungan menjadi nyaman serta agar menjadi sebuah komodity yang mempunyai  nilai jual,” ujar Tetty

Hal senada juga disampaikan fasilitator kelurahan Kotaku lainnya Koko, sejauh ini peran aktif masayarakat masih minim dalam menjalankan program-preogram pemerintah. “Harapannya kelak masyarakat bisa lebih berperan aktif dalam program pemerintah, supaya program tersebut dapat tepat sasaran,” ucapnya. (Diki)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook