Karang Taruna Berdikari Gelar Pelatihan Daur ulang Sampah, “Mengubah Sampah Menjadi Rupiah”

Karang Taruna Berdikari Gelar Pelatihan Daur ulang Sampah, “Mengubah Sampah Menjadi Rupiah”

Indonews, Bogor – Karang Taruna Berdikari menggelar pelatihan daur ulang sampah menjadi barang bernilai ekonomis di Aula Kelurahan Gudang Jalan Padasuka No 5, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. 

Kegiatan pelatihan yang bekerjasama dengan bank sampah barokah, diikuti 40 peserta dari warga setempat dan para peserta pelatihan mendapatkan pengetahuan cara mengolah sampah kain bekas menjadi barang berharga berupa tatakan air panas.

Ketua Karang Taruna Berdikari Kelurahan Gudang, Dicky mengatakan, “Kegiatan pelatihan ini dalam rangka memperingati HUT Bulan Bhakti Karang Taruna ke 58,” katanya kepada Indonews di lokasi kegiatan tersebut, Minggu (07/10/2018)

Lanjut Dicky, adapun tujuan kegiatan ini untuk melatih warga untuk memanfaatkan limbah non-B3 khususnya kain bekas diolah menjadi produk bermamfaat. “Mereka kita latih mendaur ulang sampah agar terbiasa memanfaatkan menjadi barang berharga,” ungkap Dicky yang juga pendiri Sahabat Kita Indonesia (SKI) itu.

Para peserta sangat ulet dan kreatif untuk mengolah limbah kain bekas menjadi barang yang bermanfaat, yakni menjadi tatakan air panas. “Dari pelatihan daur ulang limbah ini diharapkan para peserta dapat memberikan contoh kepada masyarakat tetangga sekitarnya,” sambung Dicky

Dicky juga berharap, “Dengan adanya pelatihan ini diharapkan mampu dihasilkan produk yang bermanfaat dan meningkatkan nilai produk tersebut serta dijadikan bekal untuk dapat membuat produk yang sifatnya lebih massal dengan mengikuti selera pasar,” ucapnya

Sementara itu, fasilitator yang juga owner bank sampah barokah, Darga Sulton mengatakan  sampah tak selamanya identik dengan masalah, melalui pemamfaatan dan pengelolaan yang baik, sampah dapat bernilai èkonomis. Pihaknya mensosialisasikan agar masyarakat lebih kreatif dalam menciptakan kerajinan dari sampah daur ulang. “Sekaligus mengajak masyarakat memelihara lingkungan serta memiliki kemampuan mengolah sampah barang bekas menjadi barang bernilai,” ujar dia.

Di sisi lain, kegiatan daur ulang sampah ini merupakan upaya Karang Taruna  dalam menumbuh kembangkan jiwa kemandirian dan kewirausahaan melalui pengembangan kemampuan keterampilan bagi masyarakat.

“Semoga pelatihan ini menjadikan warga bisa mengurangi sampah. Dan lebih kreatif serta menjadi wirausahawan apabila sudah mahir,” pungkas Darga. (Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook