Pencak Silat Olah Raga Yang Mengandung  Nilaii Budaya Bangsa 

Pencak Silat Olah Raga Yang Mengandung  Nilaii Budaya Bangsa 

Indonews, Bogor – Pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kebudayaan karena proses pendidikan terjadi didalam lingkungan manusia yang berbudaya, tanpa pendidikan, budaya itu sendiri pun akan kehilangan arah. 

Kepala sekolah SDN Harjasari 1 Hj. Sadiah Ratnayanti S.Pd, MM menyampaikan Pendidikan merupakan jembatan untuk mengajarkan siswa akan warisan budayanya. Kegiatan menjaga seni budaya bangsa dilakukan di seluruh negeri,  “Tidak ketinggalan SDN Harjasari 1 pada setiap hari sabtu dilaksanakan pada pelajaran ekstrakulikuler pencak silat,” katanya pada Indonews di SDN Harjasari 1, Jl. Rulita Kelurahan Harjasari Kec. Bogor Selatan Kota Bogor, Selasa (09/10/2018)

Untuk itu, menurut Sadiah, Pencak Silat harus disalurkan dan didukung melalui pendidikan, sehingga Pencak Silat bisa menjadi kurikulum pelajaran mulai dari SD, SMP, hingga SMA.

Berikutnya Sadiah menuturkan pengenalan akan budaya pencak silat tersebut harus di bina sejak dini, agar melekat budaya bangsa, sehingga tidak tergerus akibat cengkraman arus globalisasi, sehingga dapat menyeret kita kedalam situasi kehilangan nilai budaya sendiri,” ujar Sadiah

Hal senada juga disampaikan Dodi,  Pencak Silat ďapat melatih kemandirian, kedisplinan dan memberikan bekal maupun kemampuan agar merka bisa membentengi dirinya sendiri dari segala hal dan tindakan negatif.  “Kami ingin menanamkan dan memupuk kemandirian bagi mereka sejak dini, sehingga para siswa kami memiliki modal dan bekal yang kuat,” tutur pria guru pencak silat SDN Harjasari 1 itu yang juga mengajar di SDN Cikaret 1 dan SDN Mulyaharja 2.

Lanjut Dodi, Latihan kedisiplinan inilah yang membuat bela diri pencak silat untuk anak menjadi penting, yaitu sebagai fondasi bagi karakter anak di kemudian hari. “Dengan kedisiplinan yang diajarkan saat latihan, anak akan lebih mudah diajarkan disiplin dalam kehidupan sehari-hari.” pungkasnya (Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook