Cibitung Tengah Raih Predikat Desa Tematik

Cibitung Tengah Raih Predikat Desa Tematik

Indonews, Bogor  – Dalam rangka meningkatkan produksi dan pendapatan petani, Pemkab Bogor, Jawa Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) kepada kelompok tani Barokah desa Cibitung tengah, di Aula Desa Cibitung Tengah, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Kamis (11/10/2018).

Kepala Sub Bidang  Kerawanan Pangan Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Jawa Barat Endang Ahmad  S.Sp, MEP  menyampaikan, ” Desa Cibitung tengah sebagai desa tematik, dimanà produk unggulannya Jambu, sangat penting membangun sinergi antara pemerintah dengan masyarakat untuk menggali potensi yang ada di desa ini,” katanya kepada Indonews di sela kegiatan.

Dia juga mendorong para kelompok tani agar segera membentuk struktur administrasi yang jelas dan mengurus badan hukumnya. “Badan hukum tersebut bisa digunakan mengurus dana hibah, juga untuk mendapatkan Sertifikat PRIMA3, sehingga hal itu sangat membantu Pemasaran hasil pertanian tersebut,” tambahnya

Sementara itu, Kepala desa Cibitung tengah Lilih Solihat menyampaikan terimakasih kepada Dinas Ketahanan Pangan Kab. Bogor dan Badan Ketahanan Pangan Daerah Prov Jabar atas perhatian dengan diadakannya bimtek di desa kami ini.

“Adanya kegiatan ini tentunya tidak terlepas dari status desa Cibitung tengah sebagai Desa Tematik dan desa kami pada tahun 2017 meraih Juara 1 Desa Ketahanan Pangan dan Gizi terbaik se-kab. Bogor dan juara 3 se Prov Jawa Barat,” ujar Lilih.

Oleh karena itu, sambung Lilih menuturkan “Perlu adanya campur tangan pemerintah kabupaten/provinsi agar predikat desa dengan ketahanan pangan terbaik dapat terjaga dan bisa lebih baik lagi,” tambahnya.

Lilih juga menjelaskan Desa Cibitung tengah memiliki luas daratan sekitar 40% atau 100 Ha lahan pertanian.”kami akan mempertahankan lahan pertanian ini, agar tidak sampai dijadikan lahan perumahan, izin Minimarket pun akan saya tolak demi menjaga dan menyelamatkan kultur ekonomi dan sosial masyarakat,” pungkasnya. (Diki)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook