Warung Kopi BOGOR KAPAYUN ! “KAMU KURANG PIKNIK KE BALI !?” .

Warung Kopi BOGOR KAPAYUN !
“KAMU KURANG PIKNIK KE BALI !?”
.
“Negara ini sedang berduka karena bencana di NTB dan Sulawesi Tengah, sangat tidak pantas para tamu asing itu berpesta-pora di Bali”, sebait kalimat nyinyir Jokowi Hatter’s kepada temannya terdengar disebuah coffe-shop ujung kota Bogor. Saya dan Jonny Sirait,Amd – Pimred Indonews  terdiam mencerna maksud isi hal itu. “Apa guna ada IMF-World Bank Annual Meeting di Bali itu ?, Jokowi memang Aneh..”,katanya lagi. Saya  & Lae Jonny baru ‘ngeh, rupanya yang mereka bicarakan itu adalah ttg acara pertemuan  IMF-WBAM, tgl.8-14 Oktober 2018 di Bali ini. ‘Ahahah…
.
“Saya Spechless, bang.  Yang jelas semakin kami  yakin orang model ini kurang informasi, kurang piknik dan  kurang berselancar di dunia meng-update data. Gagal paham…”, kata Lae Jonny yang juga Ketum Sahabat Jokowi Kerja (Joker). Saya tersenyum sambil menepuk bahunya.
.
Pembenci Jokowi bolehlah punya banyak alasan untuk membenci Jokowi setinggi langit, namun bagi kami, acara IMF-Annual Meeting ini membawa dampak positip,al;
.
1.IMF-World Bank Annual Meeting telah ada sejak thn.1946 , ini pertemuan ekslusif rutin para gubernur bank sentral dan delegasi lain dari 189 negara. Jadi kalau pun Indonesia sdg dilanda bencana, sangat picik jika ada orang menganggap acara ini disebut ‘tak-berguna.
.
2.Acara ini dihadiri lebih dari 15.000 delegasi yang berdampak menaiknya ekonomi Bali hingga 0,64% Rp. 1,5 trilyun , 
.
3.Acara ini ‘bermodalkan anggaran Rp.855  milyar, tahukah anda ‘feed-backnya?
.
3.a. Adanya kontrak kerjasama investasi  dalam 19 transaksi melalui 14 BUMN senilai  USD.13,5 miliar (>Rp 202 triliun)   untuk proyek pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia
.
3.b.Pasca erupsi Gn.Agung I  &  2 lalu,  acara ini berdampak besar  dengan menaiknya ekonomi Bali hingga 0,64% Rp. 1,5 trilyun, kalau pun kerugian erupsi tsb lebih dari Rp.1,9 trilyun. Namun ini permulaan Bali Bangkit di-tingkat dunia. 
.
3.c.Terbangunnya sarana dan fasilitas Bandara Ngurah Rai lebih baik termasuk pembangunan under-pass di Denpasar yang selama ini ‘terlupakan
.
3.d. Dengan acara ini telah  ’terjual  2.600 paket wisata yang dibeli para delegasi IMF-World Bank (WB)  senilai Rp.1,1 trilyun di seluruh Indonesia dan 95%-nya di Bali.
.
3.e.Saat pembukaan IMF-WBAM, Jokowi berpidato cukup keras sehingga mendapat pujian dari para delegasi. Jokowi saat itu berkata ‘Selayaknya  seluruh negara bekerja sama untuk mencapai kemakmuran bukan ego semata”, bahkan Jokowi menyindir negara-negara maju seperti AS dan China yang saling baku hantam dalam perang dagang untuk menjadi yang terhebat tanpa memikirkan nasib negara-negara lain, termasuk emerging market. 
.
Acara ini menjadi momentum Jokowi untuk kembali menyentil AS sebagaimana saat pidato di KAA-Bandung thn.2017 lalu yg menyentil peran AS dan PBB yg lemah ttg kemerdekaan Palestina, Jokowi menunjukan kelasnya melalui acara tingkat dunia ini. Jokowi berani keras kepada Asing & Aseng secara kongkrit, dan bukan teori semata. 
.
“Saya harus akui ketika mendengar sambutan Presiden Joko Widodo, saya berpikir sebaiknya kita pulang saja, karena tidak bisa memberikan pidato yang baik seperti Mr. Joko Widodo,” demikian pengakuan Presiden Bank Dunia Kim Yong Jim saat memberikan pidato pasca pidato Jokowi
.
3.f. “Waktu pidato di Asian Games Jokowi   pake istilah Thanos. Sekarang di acarra ini (IMF-WBAM) menggunakan symbol The Last Game of Throne. Salut dengan Jokowi yang selalu datang dengan ide-ide dan materi pidato yang tidak biasa.Out of the box. Aku sudah menghadiri lebih dari 15 kali pertemuan ini sejak tahun 1990-an. Baru ini pidato Opening Speech dapat standing ovation demikian lama. Very genuine truthful inspiration and wellwishes dari seorang pemimpin dunia seperti JKW. Luar biasa!! God bless him”, komentar mantan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Miranda Gultom.

Lae Jonny terdiam, bahkan sedikit terbatuk-batuk, saya ‘nggak tahu apa penyebabnya.
.
Saya pun meneruskan lagi, “Dan banyak lainnya lagi manfaat positip dari IMF-WBAM ini – yang kalau ditulis mungkin akan menghabiskan beribu-ribu halaman kertas , namun semoga hal diatas cukup membuat para Jokowi-Hatters tidak ‘’kurang piknik. Pesan saya melalui INDONEWS ini,  Jika benci Jokowi tunjukan saja apa program andalan ‘Jago-mu, dan sering-seringlah re-check jantungmu, karena kerja Jokowi dalam tahun 2018 ini pun agak sulit kamu pahami; Asean Games 2018, ParaGame 2018, IMF-WBAM 2018, Penanganan Bencana NTB & Sulteng, dsb. Apalagi di thn.2019-2024 mendatang. Karena semua program dan kerjanya di-menej dgn baik, oleh orang-orang baik – tanpa banyak bicara dan teori, apalagi menyebar berita bohong . Ini bedanya jagoku dan jagomu yang masih banyak teori. Mari kurangi makan micin, dan perbanyaklah piknik ke Bali !, mohon maaf lahir bathin. “Salam(1)Jari”, kata saya mengakhiri, Lae Jonny bukan lagi batuk kini kelihatan mau muntah, mungkin masuk angin Lae?, Ahahaha…… (Arief P.Suwendi, Ketum PERI – Persatuan Relawan Indonesia, Penasehat Media Ummat & Indonews bd.Media dan Event Organizer)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook