Bandara Disukabumi Akan Dimulai Tahun Depan

Bandara Disukabumi Akan Dimulai Tahun Depan

Indonews Sukabumi.   Pemerintah daerah Sukabumi memastikan proyek yang bakal menyedot biaya sebesar lebih dari Rp400 Miliar itu akan mulai dikerjakan tahun 2019 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi Thendy Hendrayana mengatakan proyek pembangunan Bandara Sukabumi dipastikan akan berjalan sesuai dengan perencanaan. Saat ini proses perencanaannya telah memasuki tahap pembahasan revisi Rencana Umum Tata Ruang (RUTR) di tingkat Pemprov Jawa Barat.

“Pemerintah provinsi tengah merevisi RUTR. Secara keseluruhan tidak ada perubahan agenda apapun untuk pembangunan bandara, termasuk lokasi tetap sesuai dengan rencana awal yakni di Kecamatan Cikembar,” kata Thendy kepada awak media

Proses pembangunan Infrastruktur transportasi udara tersebut akan dilaksanakan hingga dua tahun kedepan dengan diawali tahapan pengadaan lahan yang akan mulai dilaksanakan pada tahun ini.

Sesuai rencana kebutuhan luas lahan yang akan digunakan sebagai lokasi bandara mencapai 400 Hektar. Lahan seluas itu sudah termasuk landasan pacu pesawat atau Runway yakni sekitar 1.800 meter.

Thendy menyebutkan proses pengadaan lahan akan dilakukan secara bertahap, untuk tahun ini hanya sekitar 34 hektar. “Jika pembangunannya dilaksanakan tahun depan, maka tahun 2022 nanti Bandara Sukabumi sudah bisa dioperasikan,” ungkap Thendy.

Sebelumnya Bupati Sukabumi Marwan Hamami berharap agar lokasi pembangunan bandara bisa dialihkan ke wilayah yang berdekatan dengan kawasan obyek wisata Taman Dunia atau Geopark Ciletuh – Palabuhanratu.

“Idealnya bandara ini dibangun di daerah yang bisa menunjang ke lokasi Geopark Ciletuh, seperti di wilayah Kecamatan Surade dan Kecamatan Ciracap, ” ungkap Marwan.

Sebab jauh hari sebelumnya, Pemprov Jawa Barat telah menetapkan Citarete yang berada di wilayah Kecamatan Surade sebagai lokasi bandara. Namun rencana lokasi itu gugur setelah adanya kajian di tingkat lembaga kementerian yang menunjukan Kecamatan Cikembar sebagai wilayah ideal untuk pembangunan Bandara.(R. Iyan Mufti/Ade Nofiansyah)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook